Terdengar Suara Misterius di Langit Pantura, Ini 4 Hal yang Mungkin Terjadi

0
130
Pesawat Antonov An-12 BP tercatat di flight Rada 24 melintasi langit Indonesia. Jumat (14/12/2018).
Pesawat Antonov An-12 BP tercatat di flight Rada 24 melintasi langit Indonesia. Jumat (14/12/2018).

ALTUMNEWS.com – Sekitar pukul 01.10 WIB, pada Jumat (14/12/2018), warga Pekalongan dan daerah di sekitarnya dihebohkan dengan suara aneh yang berasal dari langit.

Suara ini meraung seperti suara pesawat, sebagaimana dilansir dari intisari.grid.id.

Rekaman amatir beredar di media sosial menunjukkan warga yang kebingungan mendengar suara tersebut.

Pada kesempatan itu, langit sedang gerimis sehingga warga tidak dapat mengetahui benda yang jadi sumber suara.

Tetapi, titik terang muncul mengenai asal suara aneh di langit Pantura itu. Berikut, Suar.ID rangkumkan dari berbagai sumber.

  1. Bukan fenomena alam

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) seperti dikutip dari Kompas.com, berpendapat suara aneh di langit pantura hanyalah suara pesawat.

“Pendapat kami itu suara pesawat terbang yang sedang melintas,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang, Tuban Wiyoso, saat dikonfirmasi, Jumat (14/12/2018) malam.

Tuban memastikan bahwa suara misterius yang sempat terdengar pada Jumat dini hari bukan fenomena alam.

  1. Bukan kecelakaan pesawat

Penjelasan Manager Operasional Airnav Semarang, Kelik Widjanarko, dilansir dari Tribun Jateng, memastikan tidak ada kecelakaan saat terdengar suara pesawat yang melintasi Pekalongan.

Airnav sendiri tidak memiliki data atas kejadian penerbangan bersamaan suara aneh tersebut karena Airnav Semarang telah tutup.

Kelik pun juga berpendapat suara tersebut adalah suara pesawat dan masyarakat dapat mengetahuinya lewat aplikasi Flight Radar 24.

“Itu pasti suara pesawat. Masyarakat bisa lihat di aplikasi Flight Radar 24. Nanti dicek histori dari jam sekian sampai sekian. Kalau itu pesawat militer, tidak tertangkap aplikasi Flight Radar 24. Sebaliknya, kalau pesawat sipil atau komersial ada datanya,” tegasnya.

  1. Antonov An-12BP

Pesawat Antonov An-12BP banyak disebut masyarakat di media sosial sebagai sumber dari suara aneh di langit pantura, Jumat dini hari lalu.

BACA JUGA:  Gas Bumi PGN Mulai Melayani Industri Garam di Madura

Menurut pantauan melalui aplikasi Fligt Radar 24, tercatat beberapa data penerbangan pesawat dengan nomor registrasi UR-CGW pada Jumat (14/12/2018).

Pesawat tersebut memang melintasi langit Indonesia pada Jumat (154/12/2018).

Berdasarkan Flight Radar 24, pada Jumat (14/12/2018), sekitar pukul 05.40 UTC atau 00.40 WIB pesawat tersebut terpantau melintasi langit Purwakarta Jawa Barat di ketinggian 15.350 kaki.

Tetapi saat pesawat diduga melintasi langit Subang, di situs Flight Radar 24 hanya tergambar garis putus-putus pada jalur yang dilaluinya.

Baru pada pukul 06.14 UTC atau 01.14 WIB di ketinggian 23.000 kaki, pesawat Antonov An-12BP kembali terdeteksi.

Tidak ada informasi yang ditampilkan di mana pesawat itu mendarat.

  1. Rupa pesawat Antonov An-12BP

Pesawat Antonov AN-12 BP adalah pesawat versi angkut militer dari Antonov An-12.

Pesawat ini mampu mengangkut 90 orang tentara dengan kecepatan maksimal 777 Km/Jam.

Pesawat Antonov An-12 sendiri didorong oleh 4 buah baling-baling yang ditenagai oleh 4 buah mesin Turboprop yang menggantung di bawah sayap.

Dalam sebuah video yang diunggah di Chanel Alex Praglowski Aviation, seorang videografer dan YouTuber penerbangan dari Calgary, Kanada, merekam rupa pesawat Antonov An-12 BP.***

Editor : Robert

Facebook Comments