Kim Jong-un Diktator Brutal

0
220

Telah menghukum mati sebanyak 70 pejabat tinggi di pemerintahannya sejak berkuasa 2011.

KORUT – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah berhasil memecahkan rekor ayahnya sebagai diktator paling brutal.

Dia mengeksekusi lebih banyak pejabat tinggi dalam beberapa tahun pertama jabatannya sebagai orang nomor satu di negara komunis itu.

Dinas Intelijen Korea Selatan memperkirakan Kim Jong-un telah menghukum mati sebanyak 70 pejabat tinggi di pemerintahannya sejak berkuasa 2011.

Sementara menurut Menteri Luar Negeri Korea Selatan Yun Byung-se, Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un, hanya mengeksekusi sekitar 10 pejabat tinggi semasa tahun pertama pemerintahannya.

Seorang sumber di Intelijen Korea Selatan yang tak mau disebutkan namanya membenarkan bahwa lembaganya yakin pemimpin Korea Utara itu bertanggung jawab terhadap kematian 70 pejabat tinggi negara itu.

Namun sumber ini tidak bersedia mengungkapkan bagaimana Intelijen Korea Selatan mendapatkan informasi tersebut.

Korea Utara, sebuah negara otoriter yang diperintah oleh keluarga Kim sejak didirikan pada tahun 1948, sangat merahasiakan kinerja pemerintahannya. Informasi yang dikumpulkan oleh pihak luar sering kali sulit untuk dikonfirmasi kebenarannya.

Penghilangan paksa pejabat tinggi yang dianggap tidak sejalan sudah jamak dilakukan dalam pemerintahan Korea Utara sejak dahulu.

Untuk memperkuat pengaruhnya, pendiri Korea Utara, Kim Il-Sung, mencopot faksi-faksi yang pro-Tiongkok dan pro-Rusia dalam kepemimpinan senior Korea Utara beberapa tahun setelah pecah Perang Korea yang berlangsung 1950-1953.

Para korban pejabat petinggi tersebut termasuk Pak Hon Yong, sebelumnya wakil ketua Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara dan menteri luar negeri negara itu. Pak dieksekusi pada tahun 1955 setelah dituduh sebagai mata-mata Amerika.

Seperti pendahulunya, Kim juga menghukum mati para anggota senior partai melalui serangkaian pembersihan sejak mengambil alih kekuasaan setelah kematian ayahnya.

BACA JUGA:  SMA Xaverius Bandar Lampung : "Selamat Atas Pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin"

Pembersihan paling spektakuler sampai saat ini adalah yang dilakukan terhadap pamannya pada 2013, Jang Song Thaek, karena dianggap berkhianat.

Jang menikah dengan adik Kim Jong-il dan pernah dianggap orang yang paling berkuasa kedua di Korea Utara.

Agen mata-mata Korea Selatan menyatakan bahwa pada Mei 2015, Kim memerintahkan Menteri Pertahanan Hyon Yong Chol untuk dieksekusi dengan senapan anti-pesawat.

Eskekusi dilakukan karena Hyon mempermasalahkan gaya kepemimpinan Kim dan tertidur di sebuah rapat yang dihadiri pemimpin Korea Utara itu.

(Sumber: news.com.au /Dream)

Facebook Comments