Demi Bina Persatuan Antar Umat Beragama, Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia Minta Pj. Sekdaprov Hamartoni Jadi Penasehat IK-DMI Lampung

Berita Utama, Daerah1,163 views

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (IK-DMI) meminta Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis menjadi Dewan Penasihat di IK-DMI Provinsi Lampung.

Hal tersebut demi pembinaan keagamaan dan meciptakan persatuan antar umat beragama khususnya di Provinsi Lampung.

Ketua Umum MPW IK-DMI Provinsi Lampung Ahmad Dimyathi mengatakan Pj. Sekdaprov menanggapi positif permintaan tersebut.”Pertama kita ingin bersilaturahmi, lalu meminta beliau (Hamartoni, red) untuk berkenan menjadi dewan penasehat di IK-DMI wilayah Lampung, Alhamdulillah beliau berkenan.

Kami juga sudah ada kedekatan personal, beliau orangnya juga religius dan beliau memberikan respon positif terhadap kehadiran kami,” ujar Ahmad Dimyathi, saat beraudiensi dengan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, di ruang rapat kerja Sekdaprov, Kantor Gubernur Lampung, Rabu (6/2/2019).

IK-DMI terbilang organisasi baru di Provinsi Lampung. Menurut Ahmad Dimyathi pihaknya juga akan melakukan pelantikan kepengurusan tingkat daerah di Kabupaten/Kota.

“Kami juga meminta arahan dan nasihat beliau terkait apakah ada kesempatan untuk kami dari IK-DMI mengajukan penganggaran untuk melaksanakan pelantikan. Untuk rencana pelantikan akan disesuaikan dengan anggaran, jika anggaran dari Pemprov ini memungkinkan bisa, maka kita akan mengikuti kapan anggaran itu bisa realisasikan,” katanya.

Untuk di Provinsi Lampung sendiri, Ahamad menyebutkan saat ini IK-DMI baru tersebar di delapan Kabupaten/Kota. “Untuk pengurus wilayah sendiri setidaknya ada sekitar 15 orang dan disetiap daerah variatif, tergantung potensi SDM yang ada disetiap daerah. Kami juga baru selesai melaksanakan Rakernas tanggal 23 Desember 2018 lalu di Jakarta Selatan, kita tanpa modal dan kita bekerja benar-benar karena Allah. Kita siapkan mental kita, harta dan tenaga kita untuk bagaimana menyelesaikan ini (pelantikan,red) sebelum bulan tiga kalau bisa, itu target kita insyallah,” tandasnya.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Djunaidi Tinjau Kesiapan Penanganan Arus Balik Pemudik Pada Hari Raya Idulfitri 1445 H

Dalam audiensi itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siap bersinergi bersama IK-DMI. Hamartoni minta IK-DMI menjadi organisasi yang mampu memberikan pesan-pesan positif. “Salah satunya pesan yang mempersatukan bangsa Indonesia melalui syiar dan dakwah,” ujar Hamartoni.

IK-DMI sendiri adalah Badan Otonom dari DMI yang saat ini dinakhodai oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla selaku Ketua Umum DMI sekaligus Ketua Penasehat lK-DMI, dan Komjen Pol Syafruddin selaku Ketua Pembina MPP lK-DMI.***

Editor : Robert