Mengapa Diberi Nama Bukit Asam? Ini Jawaban Pihak PT Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan

0
109
Sebanyak 23 pelajar peserta Program BUMN Hadir untuk Negeri bertajuk Siswa Mengenal Nusantara (SMN) berkunjung ke PT Bukit Asam Unit Tarahan pada Minggu, 18 Agustus 2019. Foto : Robert

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 23 pelajar peserta Program BUMN Hadir untuk Negeri bertajuk Siswa Mengenal Nusantara (SMN) berkunjung ke PT Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan pada Minggu, 18 Agustus 2019. Pelajar asal SMA kelas XI asal Provinsi Maluku Utara ini tiba pukul 15.00 WIB selepas mengunjungi Pelindo II Pelabuhan Panjang.

Sesampainya di sana mereka disambut beberapa jajaran PT Bukit Asam (PTBA) Unit Palabuhan Tarahan diantaranya Manager Sumber Daya Manusia (SDM) Umum dan Keuangan, Ketut Sukra Yadnya. Para siswa yang terlihat antusias itu langsung disuguhkan pemaparan mengenai PTBA.

Selang hampir 30 menit mendengarkan pemaparan, pihak PTBA Unit Pelabuhan Tarahan kemudian memberikan kesempatan pada siswa SMA asal Provinsi Maluku Utara tersebut untuk bertanya. Wulandari, salah satu peserta langsung mengajukan diri untuk bertanya. Awalnya pertanyaanya terdengar “remeh” namun mewakili seluruh yang mendengar pada sore menjelang petang tersebut.

“Mengapa dinamakan Bukit Asam, karena di provinsi kami nama tersebut identik dengan perusahaan pembuat gula merah?” tanya Wulan disambut tepuk tangan dari siswa yang lainnya.

“Pertanyaan bagus,” sambar Manager SDM Umum dan Keuangan, Ketut Sukra Yadnya PTBA Unit Pelabuhan Tarahan seolah tak sabar untuk menjawab.

“Batu bara itu terletak di perbukitan, ada pepatah garam di laut asam di gunung, kira-kira mungkin itu kayaknya ya? Artinya kalau diartikan, batu bara itu sifatnya asam, kalau yang tidak percaya silahkan nyicip. Kalau laut itu asin, gitu ya, kira-kira itu,” jawan Ketut ragu-ragu.

Manager SDM Umum dan Keuangan PTBA Unit Pelabuhan Tarahan ini mengaku kurang mengerti benar asal-usul diberi nama Bukit Asam.

“Kalau selengkapnya bapak juga agak sulit nih penjelasannya, soalnya yang generasi pertama sudah gak ada lagi nih yang mencatat sejarah, ada pertanyaan yang lain,” katanya mengalihkan pembicaraan.

Dikonfirmasi usai acara Ketut kembali menjelaskan informasi yang dimilikinya terkait asal-usul nama Bukit Asam.

“Karna batu bara itu kan perbukitan yang digali, dan rasa bata bara itu asam, mungkin itu asal-usulnya,” tukasnya.

Selepas mendapatkan pemaparan pelajar peserta Program BUMN Hadir untuk Negeri bertajuk SMN ini diajak untuk mengelilingi area produksi PTBA.***

Editor : Robert

Facebook Comments