Cegah Karhutla Meluas, Warga Apresiasi Kinerja BPBD Pesawaran

0
74
Dua mobil pemadam kebakaran dari BPDB tengah berjibaku memadamkan api di Pematang Liang berada di Desa Persiapan Dantar, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, pada Senin, 11 November 2019. Foto : Robert

ALTUMNEWS.com, PESAWARAN – Warga di Padang Cermin mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan BPBD Kabupaten Pesawaran dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan serta antisipasi meluasnya kebakaran kearah pemukiman warga di sekitar Pematang Liang.

Tokoh masyarakat di Padang Cermin, Pesawaran, Umroni mengatakan, kebakaran yang terjadi di daerahnya telah berlangsung lebih dari 4 hari yang lalu dan mengakibatkan lahan hutan di Pematang Liang hangus terbakar.

Anggota komisi IV DPRD Kabupaten Pesawaran memaklumi anggota pemadam kebakaran dari BPBD yang belum bisa tuntas memadamkan api. Hal ini karena kurangnya ketersedian air akibat sungai-sungai mengering serta jauhnya letak kebakaran yang tak bisa dijangkau oleh kendaraan pemadam kebakaran.

“Ya kalau untuk antisispasi (pihak BPBD) sih itu cukup bagus. Ya karena memang kita juga maklum lah, damkar enggak bakalan bisa nyampek ke lokasi,” jelas Umroni saat dihubungi Altumnews.com, Senin, 11 November 2019.

Menurut Umroni, sumber air di sungai yang diperlukan pemadam kebakaran untuk memadamkan api sangat terbatas, karena kekeringan yang melanda wilayahnya, dampak kemaru panjang.

Dia mengapresiasi kerja keras upaya BPDB setempat dalam mencegah meluasnya kebakaran lahan itu sehingga tidak menyebar ke pemukiman penduduk

“Ya disamping itu mereka kan hanya bisa melakukan upaya-upaya yang sifatnya melokalisir tanpa bisa melakukan upaya penyiraman, karena memang airnya  gak ada. Semua sungai kering, Kali Dantar yang itu yang tadinya gelombangnya gede, sekarang sudah kayak siring. Maka kemarin juga kan damkar itu ngambil airnya jauh di Muara Besar sana,” jelas Umroni.

Sebagai tokoh masyarakat, Umroni mengimbau agar warga tidak membuang puntung rokok sembarangan serta tidak membakar sampah agar tidak memicu kebakaran.

“Imbauan pada masyarakat ya jangan main api dulu lah untuk sekarang ini, artinya lebih hati-hati lagi. Buang-buang puntung rokok itu jangan sembarangan,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Adreanus Budi Jaya Kembali Dipercaya Menahkodai Yayasan Insan Damai
Tim pemadam kebakaran dibantu warga sekitar saat memadamkan api di wilayah Pematang Liang berada di Desa Persiapan Dantar, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Sabtu malam, 09 November 2019.

Dihubungi terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Pesawaran, Mustari saat dikonfimasi, Rabu, 13 November 2019, membenarkan peristiwa kebakaran yang terjadi di daerah Pematang Laing.

“Di Pematang Liang itu kurang lebih sekiatar dua hektaran, Cuma itu naik lagi, apinya kena angin kencang,” jelasnya.

Dijelaskan Mustari, penyebab kebakaran sendiri hingga kini belum diketahui secara pasti, namun faktor kemarau menyebabkan kebakaran tersebut cepat meluas.

Mustari juga menyampaikan terima kasih atas bantuan warga yang cepat melaporkan kejadian tersebut dan turut serta membantu petugas agar kebakaran tidak meluas.

Kepala BPBD Kabupaten Pesawaran ini mengimbau agar masyarakat tidak agar berhati-hati dalam membakar sampah dan tidak membuang puntung rokok sembarangan yang dapat memicu kebakaran.

Sebagai informasi, lokasi kebakaran berada di wilayah Pematang Liang berada di Desa Persiapan Dantar, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Lampung.***

Editor : Robert

Facebook Comments