Pemprov Lampung Gerak Cepat Tangani Korban Terdampak Banjir di Tanggamus

0
363
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Irwan Sihar Marpaung didampingi "Panglima Tagana Lampung" saat menyerahkam bantuan kepada Kepala Dinas Sosial Tanggamus Zulfadli, di Pekon Perdawaras Kecamatan Semaka, Jumat, 10 Januari 2020.

ALTUMNEWS.com, TANGGAMUS — Pemerintah Provinsi Lampung gerak cepat menangani korban terdampak bencana banjir disertai longsor di Kabupaten Tanggamus. Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengutus langsung Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Irwan Sihar Marpaung didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni dan Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Budi Darmawan untuk melihat langsung serta menginventarisir lokasi terdampak.

Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung memberikan bantuan berupa makanan siap saji, perlengkapan dapur, tenda gulung, selimut dan perlengkapan keluarga. Bantuan diserahkan langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Irwan Sihar Marpaung kepada Kepala Dinas Sosial Tanggamus Zulfadli, di Pekon Perdawaras Kecamatan Semaka, Jumat, 10 Januari 2020.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung, Irwan Sihar Marpaung mengatakan bantuan yang diserahkan tersebut sebagai wujud nyata perhatian Pemerintah Provinsi Lampung pada korban terdampak.

“Pak Gubernur Arinal memerintahkan langsung untuk melihat langsung kondisi lokasi terdampak di Kecamatan Semaka, sehingga dapat menginventarisir apa saja yang dibutuhkan di sini,” terang Irwan kepada Altumnews.com usai penyerahan bantuan.

Irwan mengatakan untuk jalan yang tertutup longsor, Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menerjunkan alat berat untuk menanggulangi. “Ke lima alat berat yang diterjunkan Pemkab setempat telah datang, dan saat ini langsung menanggulangi runtuhan tanah yang terbawa banjir di beberapa ruas jalan di sini,” pungkasanya.

Irwan mengimbau pada masyarakat, khususnya di Kecamatak Semaka Tanggamus agar terus waspada dan menjaga kelestarian alam.

“Mari kita rawat alam, semoga kita harapkan bencana seperti ini dapat terhindarkan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni mengatakan, selain bantuan logistik, puluhan personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) juga diterjunkan.

BACA JUGA:  Telkomsel Optimis Layani Pelanggan Saat Natal dan Tahun Baru

“Bersama personil Tagana setempat, Tagana dari provinsi dan beberapa dari Pringsewu juga diterjunkan ke lokasi tersampak. Kami mendirikan dapur umum di sana,” kata Kadis berjuluk Panglima Tagana Lampung.

Menurut Sumarju, dapur umum didirikan juga di lokasi para pendamping PKH di Pekon Way Kerep. “Tagana menyediakan logistik dan tenda gulung di lokasi para pendamping PKH yang dengan sigap menyediakan nasi bungkus untuk para korban terdampak,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, banjir dan bencana longsor terjang sembilan pekon di Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus pada Kamis, 09 Januari 2020 pukul 17.30 WIB.

Tanah longsor disertai banjir yang diakibatkan oleh curah hujan berlebih menyebabkan lalu lintas di jalan lintas barat (Jalinbar) sedikit tersendat.

Adapun pekon di willayah Kecamatan Semaka yang mengalami bencana banjir diantaranya, Sedayu, Waykerap, Pardawaras, Karangrejo, Garut, Sidodadi, Sudimoro, Sripurnomo dan Kanoman. Tidak ada korban jiwa atas kejadian banjir yang disertai longsor tersebut.***

Editor : Robert

Facebook Comments