SMA Xaverius Bandarlampung Kehilangan Pengajar Terbaiknya

0
2184

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG – Berita duka datang dari keluarga besar SMA Xaverius Bandarlampung. Salah satu pengajarnya, Maria Mintarsih meninggal dunia pada Senin, 20 Januari 2020 pukul 02.14 WIB, di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.

Maria Mintarsih telah mengabdi selama 15 tahun di SMA Xaverius Bandarlampung sebagai guru mata pelajaran Seni Budaya/Seni Musik mulai 1 Juli 2005 lalu.

“Dia orangya disiplin, punya komitmen tinggi tehadap pekerjaan, jujur. Jiwa sosialnya luar biasa. Berani mengkirik positif kepada siapa pun yang menurut dia itu salah. Total dalam semangat pendabdian dan pelayanan,” kata Kepala SMA Xaverius Bandarlampung, F. Joko Winarno saat ditemui di ruangannya, Senin, 20 Januari 2020.

Joko yang juga merupakan sahabat semasa kecil mengatakan mendiang Mimin (sapaan akrab mendiang Maria Mintarsih) termasuk guru andalan di SMA Xavarius. “Bu Mimin di SMA Xaverius Bandarlampung sempat menjabat Pembina OSIS, kemudian Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan Bendahara BOS,” kata F. Joko.

Mendiang Mimin juga diakui sebagai penggagas pencanangan branding SMA Xaverius Bandarlampung melalui penampilan seni teater seluruh kelas XI di Taman Budaya Lampung sejak tahun 2016.

“Ini luar biasa bagi kami, selain berguna untuk pengambangan bakat anak-anak juga sebagai wadah bagi anak didik kami untuk berkreasi,” pungkas F. Joko.

Resti Hosiana, sahabat di SMA Xavarius Bandarlampung mengenal Maria Mintarsih sebagai sosok pengayom. ““Beliau sosok yang benar-benar  keibuan dan ngayomi. Banyak memberikan nasihat-nasihat baik dalam hal pekerjaan dan kehidupan peribadi. Teman curhat yang bisa dipercaya, tidak pernah menggurui apalagi menyalahkan. Suara tawanya selalu khas,” kata Resti Hosiana.

Sahabatnya yang lain, Th Septi Widiarti, mengungkapkan hal yang sama. “Bu Min, sahabat yang baik, pribadi yang tangguh, setia kuat dalam iman pengharapan dan kasih kepada Tuhan,” ucapnya singkat.

BACA JUGA:  KPK Berkomitmen Kawal Roadmap Implementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Sesuai UU

Sebagaimana diketahui, Maria Mintarsih lahir di Pamenang, Pagelaran, 24 Mei 1972. Riwayat pendidikannya menempuh pendidikan SD Negeri 2 Patoman-Pagelaran, lulus tahun 1985. Kemudian SMP Xaverius Pagelaran, lulus tahun 1988. Melanjutkan pada bangku SMA Xaverius Pringsewu, lulus pada tahun 1991, dan pendidikan akhir di Universitas Lampung, jurusan MIPA Kimia, lulus pada tahun 1996.

Maria Mintarsih melangsungkan pernikahan pada tanggal 04 Januari 1997 di Gereja Santa Maria Panutan Pagelaran bersama Markus Sukamto. Dari perkawainan mereka pasangan ini dikaruniai dua orang putra, Laurensius Gerardo Vivaldi yang saat ini tengah menempuh pendidikan Seminari Tinggi Santo Petrus Pematang Siantar, Sumatra Utara. Kemudian anak kedua, Philipus Abelio Bilardi, saat ini masih menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Hingga berita ini diturunkan, jenazah Mimin masih dalam perjalaan menuju rumah duka dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.

“Misa Requiem untuk ibu Maria Mintarsih pada Selasa, 21 Januari 2020 pukul 10.00 WIB di Gereja St. Maria Immaculata, Way Kandis, Bandarlampung. Dilanjutkan upacara pemakaman di Pemakaman Katolik Waykandis,” kata Ketua Lingkungan Santa Skolastika, Stasi St. Maria Immaculata, Way Kandis, Paroki St. Yohanes Rasul Kedaton, Bandarlampung, Yudar Ispiyanto.***

Editor : Robert

Facebook Comments