Ketua Umum LKKS Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal Mendongeng di Peringatan Hari Anak Nasional 2020

0
174
Ketua Umum LKKS Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal .

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — Ketua Umum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional tahun 2020 dengan berbagai kegiatan seperti senam bersama, bermain permainan tradisional, berdialog dan mendongeng.

Acara yang bertema “Anak Terlindungi Indonesia Maju” itu berlangsung meriah bersama anak-anak Lembaga Kesejahteraan Sosial, bertempat di Mahan Agung, Bandarlampung, Jumat pagi (24/7/2020).

Sebelum pelaksanaan senam, Ibu Riana menyambut anak-anak dengan penuh semangat, dan rasa senang. Sapaan Ibu Riana langsung disambut oleh anak-anak dengan penuh rasa senang, ceria, dan semangat.

Usai senam, Ibu Riana menemani anak-anak bermain permainan tradisional. Bahkan Riana Sari Arinal ikut bermaian permainan tradisional tersebut.

Adapun permainan yang dilakukan yaitu permainan engklek (taplak meja), congklak, lompat karet, dan kelereng.

Riana menceritakan bahwa di masa kecilnya, dia suka bermain permainan tradisional, seperti lompat karet, dan permainan lainnya.

Melalui permainan tradisional ini, Ibu Riana menginginkan anak-anak Lampung dapat berkembang dengan baik.

Usai senam dan bermain bersama anak, Riana berdialog dengan anak-anak. Dalam kesempatan itu, Riana ditanyakan terkait cita-citanya.

“Saat ibu kecil. Ibu bercita-cita ingin menjadi guru. Usai lulus sekolah SMA, ibu melanjutkan kuliah di FKIP Jurusan Kimia. Karena sudah berkeluarga, jadi tidak sempat selesai. Makanya sekarang Ibu senang kumpul dan bermain dengan anak, serta mendongeng. Karena ibu punya cita-cita menjadi guru,” jawab Riana Sari Arinal.

Dalam kesempatan itu, Riana berpesan kepada anak-anak untuk terus menerapkan protokol kesehatan serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari wabah Covid-19, seperti menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

“Saat ini ada wabah Covid-19 yang menyerang semua orang tanpa memandang jenis kelamin. Untuk itu, supaya aman, anak-anak harus belajar dan bermain dirumah dulu. Dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti menggunakan masker dan rajin cuci tangan. Nanti ketika virus sudah pergi jauh, anak-anak baru boleh keluar lagi,” pesan Ibu Riana.

BACA JUGA:  Tahun 2018, Realisasi Penerimaan Pajak Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung Capai 75,60%

Usai berdialog, Riana mendongeng tentang kisah si Kancil dan Siput. Dongeng tersebut memberikan pesan agar tidak menjadi pribadi yang sombong dan menghina atau merendahkan orang lain.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Heryana Romdhony, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sehari bersama anak dalam rangka memperingati hari anak nasional, merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan semua lembaga yang menjadi mitra, sebagai upaya untuk memberikan inspirasi, motivasi, sekaligus edukasi bagi semua warga masyarakat untuk memenuhi hak-hak anak, melalui berbagai cara memenuhi kebutuhan anak, dengan bermain bersama anak, mendongeng untuk anak, bernyanyi bersama anak, dan lain-lain.

Semua kegiatan hari ini merupakan bentuk komitmen Provinsi Lampung terhadap perlindungan dan kesejahteraan anak, khususnya di Provinsi Lampung sesuai dengan visi “Rakyat Lampung Berjaya”, dan misi Gubernur Lampung meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan penyandang disabilitas dengan janji kerja perempuan berjaya dan Lampung ramah perempuan dan anak.

“Pada kesempatan ini kami berharap kepada seluruh masyarakat khususnya LKS, forum kesejahteraan sosial, untuk memberikan lebih prima pelayanan, baik dalam panti maupun diluar panti,” ujar Heryana.

Plt Kadis Sosial Lampung juga berpesan kepada anak-anak yang hadir untuk menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terlebih sat ini di masa pandemi Covid-19.

“Kepada anak-anakku, saya berpesan gunakanlah waktumu dengan semua kegiatan yang positif. Dalam masa pandemi covid-19 ini untuk dapat terus melakukan upaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS,” pesannya.

Ia juga mengajak masyarakat agar bisa mencurahkan kasih sayang kepada anak-anak.

“Mari kita curahkan kasih sayang kepada anak-anak kita dan anak-anak di sekitar kita, sehingga mereka akan tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh. Terima kasih dan apresiasi kepada ketua umum LKKS Provinsi Lampung ibu Riana Sari Arinal yang sudah menginisiasi pelaksanaan kegiatan hari ini. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa melimpahkan keberkahan bagi kita semua dan anak-anak kita dalam menyongsong masa depan yang lebih cemerlang. “Anak Indonesia Tangguh, Anak Tangguh Indonesia Maju,” tutupnya.***

BACA JUGA:  Tim SAR Gabungan Terus Menemukan Korban Tsunami Selat Sunda : 373 Meninggal Dunia, 1.459 Luka-Luka dan 128 Hilang

Editor : Robert

Facebook Comments