Pastikan Ketersediaan LPG Jelang Idul Adha, Pertamina bersama Pemda Lampung Lakukan Sidak

Berita1,132 views

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) rutin terhadap sejumlah Pangkalan LPG Bersubsidi 3 Kg, warung pengecer dan masyarakat sekitar, untuk memastikan kehandalan penyaluran LPG Subsidi 3 Kg dan Bright Gas menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H,  di Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Selasa (28/7).

Region Manager Communication, Relations & CSR Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Rifky Rakhman Yusuf, mengungkapkan bahwa sidak rutin ini dilakukan oleh Tim Pertamina Sales Area Lampung yang diwakili oleh Sales Branch Manager (SBM) I Lampung  berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung Selatan, perwakilan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DPC Lampung, dan Koordinator Wilayah (Korwil) Agen LPG 3 Kg wilayah Lampung Selatan.

“Kami bersama-sama mengecek ketersediaan stok LPG Subsidi 3 Kg dan Bright Gas di pangkalan, pengecekan Harga Eceran Tertinggi (HET) di level pangkalan, dan melakukan pengecekan penjualan LPG Subsidi 3 Kg dan Bright Gas di level pengecer atau warung dan juga di masyarakat langsung,” terang Rifky.

Hasilnya, diperoleh bahwa stok LPG di pangkalan relatif aman karena masih tersedia stok LPG Subsidi 3 Kg yang siap untuk dijual, sedangkan untuk HET sudah sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Lampung Nomor G/869/B.IV/HK/2019, yaitu Rp 18.000,-

Demikian pula di tingkat pengecer, serta warung LPG masih tersedia, bagi  masyarakat.

“Sebagai langkah antisipasi, Pertamina telah menambah pasokan LPG Subsidi 3 Kg ke seluruh Kabupaten/ Kota di Provinsi Lampung dengan rata-rata tambahannya sebesar 12% dari konsumsi normal harian”, tambah Rifky.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, Pertamina melakukan antisipasi khusus agar stok LPG Subsidi 3 Kg dan Bright Gas tetap terjaga, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H.

BACA JUGA:  Sisternet Perbesar Manfaat untuk Perempuan Indonesia Gelar “Kompetisi Modal Pintar 2023” Berhadiah Rp 200 Juta

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram, bahwa LPG 3 Kg Bersubsidi peruntukannya hanya bagi masyarakat miskin dan usaha mikro. “Untuk usaha kecil, menengah, dan atas, serta bagi masyarakat mampu dapat menggunakan LPG Non Subsidi yang saat ini telah tersedia dalam berbagai kemasan Bright Gas, yaitu kemasan 12 Kg, 5,5 Kg, 3 Kg dan Can (220 gr)”, tutup Rifky.

Informasi lebih lanjut mengenai produk atau ingin menyampaikan laporan terkait produk Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.***

Editor : Robert