Bukit Cendana Harapan Jaya, Mulai dari Spot Instagramable hingga Camping

0
323
Bukit Cendana menjadi salah satu pilihan menarik warga Lampung terutama para wisatawan yang ingin merasakan sensasi menginap dengan tenda di perbukitan.

ALTUMNEWS.com, PESAWARAN — Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Pesawaran, memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Adapun tempat yang dimaksud yakni Bukit Cendana.

Tempat wisata Bukit Cendana menawarkan keindahan alam di perbukitan dengan udara dingin menyengat yang khas daerah ini.

Bukit Cendana menjadi salah satu pilihan menarik warga Lampung terutama para wisatawan yang ingin merasakan sensasi menginap dengan tenda di perbukitan.

Menurut Kepala Desa Harapan Jaya, Susalit Cokro Aminoto, para pengunjung atau wisatawan memiliki alasan tersendiri pergi ke Bukit Cendana.

“Udara di Bukit Cendana begitu dingin, ditambah view yang bagus dikelilingi pegunungan Sukma Ilang (Pesawaran) yang menjulang. Dari sini juga bisa nenda dan seperti di atas awan, kemudian dapat melihat lautan,” kata Kades Harapan Jaya saat dihubungi Altumnews.com, Rabu (23/9/2020).

View this post on Instagram

ALTUMNEWS.com, PESAWARAN — Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Pesawaran, memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Adapun tempat yang dimaksud yakni Bukit Cendana. Tempat wisata Bukit Cendana menawarkan keindahan alam di perbukitan dengan udara dingin menyengat yang khas daerah ini. Bukit Cendana menjadi salah satu pilihan menarik warga Lampung terutama para wisatawan yang ingin merasakan sensasi menginap dengan tenda di perbukitan. Menurut Kepala Desa Harapan Jaya, Susalit Cokro Aminoto, para pengunjung atau wisatawan memiliki alasan tersendiri pergi ke Bukit Cendana. “Udara di Bukit Cendana begitu dingin, ditambah view yang bagus dikelilingi pegunungan Sukma Ilang (Pesawaran) yang menjulang. Dari sini juga bisa nenda dan seperti di atas awan, kemudian dapat melihat lautan,” kata Kades Harapan Jaya saat dihubungi Altumnews.com, Rabu (23/9/2020). Kades menerangkan, daya tarik wisata di Bukit Cendana adalah sensasi menginap di tenda yang menawarkan viuw laut dan pegunungan serta hamparan awan putih. Ia mengaku, pihaknya kini tengah menggencarkan promosi wisata camping tersebut kepada masyarakat. “Kita sedang gencar melakukan promo camp. Namanya Cendana Camp, sangat murah, tiket masuk satu motor hanya Rp 5.000, kemudian untuk satu tenda yang nge-camp 20.000 per tenda,” terangnya. Menurut Kades, Pemerintah Desa Harapan Jaya telah melakukan kerja sama dengan pihak PT Masari Multi Fruti (MOU) di bidang wisata. “MoU disaksikan oleh camat setempat, dari Polsek dan Koramil,” jelasnya. Alasan kerjasama ini menurut Kades, karena lokasi wisata bumi perkemahan Bukit Cendana berada di wilayah PT Masari Multi Fruti. “Dalam MoU disepakati hasil wisata digunakan untuk pendapatan asli daerah (PAD) desa. Wisata ini dikelola oleh pokdarwis yg diketuai oleh Rifki Pranata,” terang Kades Harapan Jaya. @karangtaruna_harapanjaya @kominfo_pesawaran @dispar.pesawaran @pesawarann @pesawaran_lampung @pesawaranku @dendi_ramadhona @pemprovlampung @nadiatul_fatimah @rianasariarinal

A post shared by AltumNews.com (@altumnews) on

Kades menerangkan, daya tarik wisata di Bukit Cendana adalah sensasi menginap di tenda yang menawarkan viuw laut dan pegunungan serta hamparan awan putih.

Ia mengaku, pihaknya kini tengah menggencarkan promosi wisata camping tersebut kepada masyarakat.

“Kita sedang gencar melakukan promo camp. Namanya Cendana Camp, sangat murah, tiket masuk satu motor hanya Rp 5.000, kemudian untuk satu tenda yang nge-camp 20.000 per tenda,” terangnya.

Menurut Kades, Pemerintah Desa Harapan Jaya telah melakukan kerja sama dengan pihak PT Masari Multi Fruti (MOU) di bidang wisata. “MoU disaksikan oleh camat setempat, dari Polsek dan Koramil,” jelasnya.

Alasan kerjasama ini menurut Kades, karena lokasi wisata bumi perkemahan Bukit Cendana berada di wilayah PT Masari Multi Fruti.

“Dalam MoU disepakati hasil wisata digunakan untuk pendapatan asli daerah (PAD) desa. Wisata ini dikelola oleh pokdarwis yg diketuai oleh Rifki Pranata,” terang Kades Harapan Jaya.

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim saat berkunjung ke Bukit Cendana beberapa waktu lalu.

Spot Instagramable di Bukit Cendana

Bukit Cendana juga sarat akan spot-spot Instagramable yang biasa dilirik oleh anak-anak muda.

Adapun spot-spotnya di antaranya berfoto dekat danau buatan, spot foto dengan berlatarkan pegunungan dan landscape lautan, berfoto di kebun kopi, bunga-bunga, hingga foto di gubuk yang tersedia.

Pada masa pandemi, Bukit Cendana sudah mulai membuka kunjungan umum.

Susalit Cokro Aminoto mengatakan, terkait menyambut new normal, ada beberapa protokol kesehatan yang berlaku bagi pengunjung dan petugas di Bukit Cendana.

“Kita imbau kepada pengunjung untuk selalu memakai masker dan sebelum masuk diwajibkan untuk cuci tangan dan cek suhu tubuh,” terangnya.

Selain itu, para pengunjung juga diatur untuk menjaga jarak terutama pada saat duduk atau pun melakukan selfie di spot Instagrammable.

Dusun Sinar Tiga Desa Harapan Jaya ini terletak di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut (MDPL). Untuk menjangkaunya dari Bandarlampung dibutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam.

Rute menuju Bukit Cendana

Untuk mencapai Bukit Cendana tersebut menggunakan kendaraan pribadi. Lantaran, kendaraan umum hanya sampai di lintas Padang Cermin-Kedondong, bisa masuk melalui Pasar Bunut atau Pemandian Air Panas Way Urang. Untuk mencapai Bukit Cendana, belum ada transportasi publik yang tersedia.

Jalan menuju tempat ini sebenarnya lumayan mulus. Namun, kontur menanjak, berkelok dan lebar jalan yang hanya sekira 2,5 meter membuat pengendara hati-hati. Apalagi jika usai hujan, jalan sangat licin.

Namun tenang, sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan elok dan sejuknya hawa pegunungan.***

Editor : Robert

Facebook Comments
BACA JUGA:  Korban Tsunami di Selat Sunda Terus Bertambah: 222 Orang Meninggal Dunia, 843 Orang Luka-Luka dan 28 Orang Hilang