Dewan Kesenian Lampung Akan Gelar Webinar Bertema Maju Terus Sastra Lampung

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi masyarakat dunia, tak terkecuali Lampung dengan seluruh elemennya. Dalam sastra, dampak tersebut muncul dalam proses karya, juga dalam tema karya maupun dalam kehidupan para sastrawan. Dampak tersebut telah disiasati secara positif oleh banyak pihak sehingga dapat bertahan, bahkan berjuang secara kreatif.

Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung (DKL) memandang saling berbagi ide di tengah situasi tersebut, akan menjadi inspirasi untuk terus memajukan mengembangkan sastra Lampung, entah sastra berbahasa Indonesia atau sastra bahasa Lampung.

“Segala hal baik yang telah dan bisa dilakukan bagi sastra Lampung itulah yang akan diperbincangkan dalam obrolan virtual yang digelar oleh Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung (DKL) dengan tema Maju Terus Sastra Lampung,” ujar Ketua Komite Sastra DKL Udo Z Karzi pada release yang diterima Altumnews.com, Jumat (06/11/2020).

Udo mengatakan, webinar ini akan menghadirkan narasumber Rilda. A. Oe. Taneko, sastrawan Lampung yang bermukim di Inggris, dilakukan melalui Zoom Meeting (Meeting ID: 784 148 4445 dengan passcode: 123456789) pada Sabtu, 7 November 2020, pukul 15.00 – 17.00 WIB, dan disiarkan secara langsung di chanel Youtube DKL, Mejeng Jejamo. Menurut rencana kegiatan ini akan dihadiri oleh Ketua DKL dan jajarannya, penggiat sastra Lampung di dalam dan luar Lampung, peminat sastra Lampung dan masyarakat umum dengan moderator Yuli Nugrahani, Sekretaris Komite Sastra DKL.

Menurut Udo, kegiatan Komite Sastra DKL yang pertama digelar dalam periode ini diharapkan dapat membangun semangat sastrawan Lampung walau tengah atau telah menghadapi dampak pandemi Covid-19.

“Kami ingin menghimpun saran dan masukan positif bagi pengembangan sastra Indonesia, baik sastra berbahasa Indonesia maupun sastra berbahasa Lampung. Maju terus dalam situasi apa pun,” tandas Udo. Dengan demikian ada hal-hal yang baik yang bisa ditindaklanjuti untuk melecut kontribusi Lampung bagi kemajuan sastra Indonesia.

BACA JUGA:  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung Canangkan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

Obrolan virtual ini merupakan kegiatan kedua dalam rangkaian acara DKL menjelang akhir tahun 2020 yang diselenggarakan oleh seluruh komite dengan tema besar Kesenian Lampung Pascapandemi. Kegiatan pertama sudah dilakukan oleh Komite Tradisi DKL dengan tema Urgensi Peran Pemuda terhadap Seni dan Budaya, menghadirkan narasumber budayawan Lampung, Seem R. Canggu, SE.MM.***

Editor : Robertus Bejo