oleh

Pecel Satiyem, Wisata Kuliner di Gisting Tanggamus yang Wajib Dikunjungi, Bikin Ketagihan

ALTUMNEWS.Com, TANGGAMUS — Berkunjung ke Gisting, Tanggamus atau saat melintas, pastikan jangan lupa mampir ke tempat kuliner khas daerah itu. Kuliner khas yang patut dicoba, pecel Satiyem.

Anda bisa menemukan nikmatnya Nasi Pecel Satiyem di Rumah Makan Satiyem, terletak di Jalan Raya Gisting Blok XI, Tanggamus, Lampung.

“Harga pecel Satiyem untuk satu porsi makan pakai ikan mas Rp20 ribu, Kalau dibungkus, pecelnya aja Rp8 ribu kalau bumbunya dipisah Rp10 ribu,” kata Sulistyowati Eka, salah satu pegawai di Rumah Makan Satiyem saat kepada Altumnews.com, Rabu (02/12/2020).

Eka mengatakan Rumah Makan Satiyem telah memulai usaha kulinernya sejak 1983, dan saat ini yang mengelolanya sudah generasi ke tiga.

“Khas pecel di sini kalau kata pembeli ya rasanya nagih. Soalnya kan juga kami masaknya pakai kayu bakar ya,” jelasnya.

Hingga kini, Pecel Satiyem selalu ramai dengan menu andalannya. Bahkan, para wisatawan dari luar kota selalu memburu.

“Kebanyakan yang beli di sini orang-orang yang akan menuju ke Pesisir Barat. Kalau mereka melakukan perjalanan dari Bandarlampung pasti pada mampir ke sini,” kata Eka.

Abu Mansyur, salah satu pengunjung menyampaikan testimoninya usai menyantap pecel Satiyem. Dia dan rombongan dari Bandarlampung kebetulan hendak menuju Tanggamus dan sengaja mampir di Rumah Makan Satiyem.

“Rasanya mantab. Bumbunya kerasa benar, dan beda dari pecel-pecel yang pernah dia santap di tempat lain. Pecel Satiyem mantab,” pungkas Abu Mansyur.

Hal senada dikemukakan Bani Ispriyanto. Rasa Pecel Satiyem menurutnya sangat enak. “Pecel Satiyem rasanya sangat oke,” katanya singkat.

Selain nasi pecel Rumah Makan Satiyem juga menjual aneka keripik untuk oleh-oleh baik berbahan baku singkong maupun ketela rambat. Ada juga kelanting, kerupuk dan peyek, masing-masing dibanderol dengan harga Rp10 ribu per bungkus.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed