oleh

Bukit Lantana, Objek Wisata Kekinian di Desa Harapan Jaya Pesawaran

ALTUMNEWS.Com, PESAWARAN – Pemerintah Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran memperkenalkan destinasi baru yang bakal menambah stok konten untuk Instagram. Objek wisata itu adalah Bukit Lantana. Peluncurannya sebagai objek wisata digelar pada Sabtu (10/04/2021).

“Lahirnya Bukit Lantana, tentu semakin menambah kekayaan potensi wisata di Desa Harapan Jaya untuk menjadi destinasi pilihan,” kata Kepala Desa Harapan Jaya Susalit Cokro Aminoto saat berbincang dengan Altumnews.com usai peresmian.

Susalit Cokro Aminoto berharap, Bukit Lantana bisa menjadi magnet baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Desa wisata Harapan Jaya.

“Semoga makin banyak wisatawan berkunjung ke desa kami, ibarat pepatah ‘Sekali Merengkuh Dayung Dua Tiga Pulau Terlampaui’, begitulah kalau berkunjung ke Desa Harapan Jaya, dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata hits di sini,” kata Kades.

Seperti diketahui, Desa wisata Harapan Jaya memiliki banyak destinasi wisata seperti ; Bukit Cendana, Cendana Mountain Bike Park, Air Terjun Sinar Tiga, Air Terjun Tirta, Kolam Renang Tirto Langgeng dan titik start jalur pendakian Gunung Pesawaran atau Sukmo Ilang.

Kades berharap peluncuran Bukit Lantana dapat lebih berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya di Desa Harapan Jaya dan sekitarnya.

“Para pedagang, Warga Sadar Wisata (Kelompok Wasata), pusat belanja oleh-oleh, akan mengungkit kemajuan wisata yang akan menopang pendapatan ekonomi masyarakat sekitar dan pendapatan asli desa,” kata Kades.

Kades pun meminta warganya khususnya Kelompok Wasata, untuk meningkatkan kualitas pelayanan sesuai tata krama dan tradisi yang dimiliki.

Menurut Susalit Cokro Aminoto, Desa Wisata Harapan Jaya dapat menciptakan kesan dan kenangan yang menarik bagi wisatawan. Sehingga mereka bisa mengajak wisatawan lain untuk datang berkunjung.

“Sikap ramah dan santun serta cinderamata berupa makanan atau kopi atau yang lainya khas desa kami, merupakan wujud dari upaya untuk menciptakan kesan dan kenangan yang menarik bagi wisatawan,” pungkasnya.

Kepala Desa Harapan Jaya Susalit Cokro Aminoto saat peluncuran Bukit Lantana, Sabtu (10/4/2021)

Asal-Usul Nama Bukit Lantana

Nama Lantana diambil dari banyaknya pohon jenis Lantana yang tumbuh di bukit dengan ketinggian 900 mdpl ini.

“Lantana itu adalah ikon Desa Harapan Jaya. Di di situ (Bukit Lantana) banyak tumbuh Pohon Lantana. Pohon ini sangat bagus bila dipelihara dan dirawat,” jelas Kades.

Nama Lantana sendiri diberikan oleh Muksoni yang merupakan warga Dusun Sinar Dua, penggagas objek wisata ini.

“Muksoni, Ketua Kelompok Wasata Desa Harapan Jaya menjadi penggagas dibukanya Bukit Lantana,” ungkap Kades.

Tiket Masuk dan Lokasi Bukit Lantana

Tiket masuk Bukit Lantana per kendaraan roda dua dikenai tarif Rp5 ribu rupiah, dan bagi wisatawan yang ngecamp Rp20 ribu per tenda. Sedangkan sewa tenda Rp60 ribu.

Bukit Lantana berjarak sekitar 52 kilometer dari Kota Bandarlampung. Bisa melakukan perjalanan dari Gedongtaan dan Kedondong atau dapat juga dari Lempasing-Kelapa Rapat.

Waktu tempuh kurang lebih 1,5- 2 jam. Jika dari Kedondong masuk dari Pasar Umbul Kluwih ke kanan atas dan jika melalui Pantai Kelapa Rapat bisa belok dari Pemandian Air Panas Way Urang atau Pasar Bunut. Dari dua titik tersebut menempuh waktu perjalanan sekitar 20 menit.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed