oleh

Serentak di Medan XL Axiata Gelar Sentra Vaksinasi dan Pengenalan Jaringan 5G

ALTUMNEWS.Com, MEDAN — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan Program Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB) guna mendukung pemerintah dalam percepatan dan pemerataan vaksinasi Covid-19. Setelah sebelumnya selama sekitar empat bulan berlangsung di RSUI Depok Jawa Barat, kini XL Axiata kembali menggelar program yang sama di Kota Medan, Sumatera Utara. Program ini akan dilaksanakan selama dua bulan mulai tanggal 8 September hingga 3 November 2021 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik. SVIB mendapat dukungan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan), RSUP H Adam Malik, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut) dan didukung oleh mitra lainnya.

Pembukaan acara SVIB dibuka langsung oleh Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution di kantor Kecamatan Medan Selayang, Rabu (8/9). Hadir dalam acara ini Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dan Direktur Umum RSUP H Adam Malik, dr. Zainal Safri, SpPD-KKV, SpJP(K).

Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan,”Penyelenggaraan program ini merupakan wujud komitmen kami selaku pelaku bisnis untuk mendukung pemerintah dalam mendorong percepatan pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat Indonesia. Kami bekerja sama dan bergotong royong menyukseskan program ini, agar pandemi COVID-19 bisa lebih cepat teratasi, terutama di wilayah Sumatera. Kami sangat menyadari penyelesaian persoalan COVID-19 ini tidak bisa dilakukan sendirian, namun harus dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan kompetensi masing-masing dengan semangat kolaboratif.”

Pelaksanaan SVIB dilaksanakan di Gedung Paviliun RSUP H Adam Malik dan beberapa kecamatan sesuai dengan arahan dari Walikota Medan. Beberapa kecamatan tersebut antara lain Medan Selayang, Medan Sunggal, Medan Johor, dan Medan Tembung. Dalam sehari, sentra vaksinasi di RSUP H Adam Malik ini akan mampu melakukan penyuntikan hingga 500 orang per hari, sedangkan penyuntikan di kecamatan dipersiapkan untuk 200 orang per hari.

BACA JUGA:  XL Axiata Beri Dukungan Kesetaran Gender di Dunia Usaha

Untuk bisa mengikuti vaksinasi di SVIB ini, warga bisa mendaftar secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan ketentuan antara lain berusia 12 tahun ke atas, warga negara Indonesia dibuktikan dengan NIK, dan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh nakes di lokasi terkait. SVIB beroperasi setiap hari Senin-Jumat (di luar hari libur), mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Pengenalan Jaringan 5G di Medan

XL Axiata terus memperluas jaringan 5G di Indonesia. Setelah hadir di beberapa kota di Jawa, XL Axiata kini menggelar pengenalan ketersediaan jaringan 5G di Medan. Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mencoba langsung demo kecanggihan layanan 5G di XL Center Diponegoro, Medan. Di acara pengenalan jaringan 5G di Medan ini, juga dilakukan komunikasi bersama menggunakan fasilitas video conference di jaringan 5G dengan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini serta perwakilan Kementerian Kesehatan yang berada di Jakarta. Turut mendampingi di acara ini, antara lain Chief Human Capital Officer XL Axiata, M. Hira Kurnia. Program ini merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

I Gede Darmayusa menyampaikan, demo layanan 5G di Medan diselenggarakan dalam rangka sosialisasi jaringan dan layanan 5G kepada masyarakat Medan pada khususnya dan bahkan Sumatera Utara. Hal ini sekaligus sebagai salah satu tahapan dari persiapan XL Axiata untuk menggelar layanan 5G secara komersial dan massif nantinya. Selanjutnya, setelah Medan, Banjarmasin dan Makassar, XL Axiata akan terus memperluas sosialisasi ke kota-kota lain secara bertahap sehingga layanan 5G XL Axiata bisa dinikmati di lebih banyak lokasi di Indonesia.

BACA JUGA:  XL Axiata Jalin Kerjasama dengan BARDI dan Tuya Smart

Di lokasi demo, pelanggan yang sudah memiliki smartphone yang mendukung 5G XL Axiata bisa mencoba langsung layanan 5G XL Axiata dari handset pelanggan, bagi pelanggan lainnya yang belum memiliki perangkat 5G pendukung bisa merasakan 5G XL Axiata melalui beragam demo layanan 5G yang ditampilkan, serta edukasi terkait 5G dari customer care representative XL Axiata. Untuk demo di XL Center Diponegoro Jalan Diponegoro No. 5 Medan, Sumatera Utara, pelanggan bisa mencoba demo cloud gaming, 4K video streaming, 360 degree camera dan live video streaming dan VR experience.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) menyatakan XL Axiata lolos Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia. Kelolosan ULO 5G tersebut tertuang dalam Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO) yang diterima manajemen XL Axiata. Selain Medan, Banjarmasin and Makassar, sejak 18 Agustus 2021, demo 5G XL Axiata juga sudah tersedia di Jakarta, Depok, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Layanan 5G XL Axiata telah tersedia pada lokasi XL Center di kota-kota ini.

XL Axiata akan mempercepat penyiapan ekosistem yang diperlukan, termasuk jaringan fiber dan modernisasi jaringan, berkolaborasi dengan penyedia perangkat dalam penyediaan perangkat smartphone 5G agar mudah didapatkan pelanggan dan masyarakat, penyediaan dari sisi sumber daya manusia, hingga edukasi untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat teknologi 5G guna mendukung kehidupan sehari-hari.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata akan terus melakukan peningkatan dan pengembangan jaringan guna meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.***

BACA JUGA:  Dorong Sentra-sentra Ekonomi Baru, PGN Memperluas Infrastruktur Gas Bumi di Sejumlah Daerah

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed