oleh

Unila Sumpah 44 Dokter Muda, 2 Asal Papua

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Dua mahasiswi Universitas Lampung (Unila) asal Papua mengikuti Pengambilan Sumpah Dokter Periode I Tahun 2022, di GSG setempat, Rabu pagi, 26 Januari 2022. Keduanya yakni, Anasthasia Francis M. Ayomi dan Elvira Rossalia Kombu, yang hadir bersama 42 dokter muda untuk mengucap sumpah sebagai dokter, didampingi orang tua masing-masing.

Dalam sambutannya mewakili dokter baru asal Papua, dr. Elvira menyampaikan, ia dan dr. Anasthasia merupakan bagian dari lima mahasiswa program afirmasi tahun 2012 yang berasal dari Provinsi Papua. Seiring berjalannya waktu, tiga rekannya tidak melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran (FK) Unila.

“Pada saat itu, mahasiswa program afirmasi di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung berjumlah lima orang yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat. Namun yang bertahan hingga melaksanakan sumpah dokter hari ini yakni saya dan dr. Anasthasia Francis M. Ayomi, S.Ked.,” ujarnya disaksikan para tamu undangan.

Ia mengakui, keberhasilannya dan dr. Anasthasia tidak terlepas dari tekad yang kuat, dukungan, serta doa dari seluruh sivitas akademika Unila, FK Unila, dan keluarga. Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan hingga keduanya berhasil mendapat gelar profesi dokter tersebut.

“Ada sebuah kalimat yang selalu membuat kami kuat hingga saat ini, yaitu pantang pulang ke Papua sebelum gelar dokter di depan nama,” ujarnya percaya diri.

Dengan pengalamannya tersebut ia berharap dapat menginspirasi para generasi muda di Papua. “Harapan kami ke depan semoga lebih banyak adik-adik kami yang berani ke luar dari zona nyaman mereka di Papua dan bersaing secara akademis di daerah lain di Indonesia, salah satunya di Provinsi Lampung,” katanya.

BACA JUGA:  Hari ini Genap 28 Tahun, RD Piet Yoenanto Sukowiluyo Jalani Sakramen Imamat

Prosesi kegiatan sumpah dokter periode I tahun 2022 turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. dr. Reihana, M.Kes., Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Desti Megaputri, S.P., M.T., dan Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si.

Prof. Karomani dalam kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan dan selamat kepada para dokter baru atas ketekunan, kesabaran, kerja keras, dalam menyelesaikan program pendidikan dokter dengan hasil yang memuaskan.

“Saya yakın ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara sungguh-sungguh, baik saat tahap praklinik maupun koas praktik di rumah sakit akan menjadi bekal kompetensi profesional dan moral yang bermanfaat dalam menghadapi tantangan dunia kerja ke depannya sekaligus membangun nama baik institusi,” ujar orang nomor satu di Unila tersebut.

Ia pun berpesan, para dokter muda agar menjaga perilaku profesional dan moral, nilai-nilai dan norma ketimuran, serta menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan masyarakat luas.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed