oleh

Pabrik AQUA Tanggamus Terus Mengalirkan Kebaikan, Mengalirkan Air Bersih Kepada Masyarakat Pekon Teba, Kabupaten Tanggamus, Lampung

ALTUMNEWS.Com, TANGGAMUS — Air adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kita semua membutuhkan air agar dapat menjalani kehidupan ini dengan baik. Hal itu disebabkan karena 70 persen tubuh manusia terdiri dari air, bahkan pada organ-organ tubuh tertentu kandungan airnya mencapai lebih dari 90 persen, misalnya darah dan otak.

Berangkat dari pemahaman itu Pabrik AQUA Tanggamus pada 2017 mengelola mata air Galih Batin yang terletak di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Pabrik AQUA Tanggamus untuk dialirkan ke rumah-rumah penduduk di Pekon Teba, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Untuk itu Pabrik AQUA Tanggamus bekerjasama dengan masyarakat setempat dan mitra pelaksana membentuk Badan Pengelola Sarana Air Bersih (BPSAB) Pekon Teba yang sedari awal melakukan perencanaan, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, membentuk kelompok, membangun sarana air bersih, memasang instalasi pipa air bersih langsung ke rumah-rumah penduduk, dan kini terus menjaga air bersih agar terus mengalir dengan baik.

“Hingga saat ini sebanyak 200 rumah di Pekon Teba yang telah menikmati air bersih di rumah masing-masing. Kami sangat bersyukur karena penduduk di Pekon Teba tidak perlu repot untuk mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari, untuk mandi, mencuci, masak, dan lain-lain 24 jam sehari tanpa kendala sama sekali,” tutur salah seorang anggota BPSAB yang juga penduduk Pekon Teba bernama Tarmizi.

Sementara itu Lukman, salah seorang anggota BPSAB lain yang sudah berpuluh-puluh tahun menetap di Pekon Teba menambahkan, “Kami senang memperoleh kemudahan memperoleh air bersih. Selanjutnya yang perlu kami lakukan di BPSAB adalah terus memastikan agar air dari Galih Batin ini dapat mengalir lancer. Oleh karena itu kami setiap hari memantau mata air Galih Batin ini. Alhamdulillah, airnya selalu banyak. Selain itu BPSAB melakukan pemeliharaan dan perbaikan jika ada yang rusak.”

BACA JUGA:  Pabrik AQUA Tanggamus Menjalankan Produksi Yang Ramah Lingkungan dari Hulu sampai ke Hilir

Itulah bentuk kepedulian Pabrik AQUA Tanggamus kepada masyarakat Pekon Teba. Dalam hal ini Pabrik AQUA Tanggamus tidak hanya sibuk menjalankan kegiatan operasionalnya, melainkan juga giat mengalirkan kebaikan kepada masyarakat sekitar, yaitu air bersih yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.
Selain di Galih Batin, sumber air di dalam pabrik AQUA Tanggamus juga digunakan untuk mengalirkan air bersih kepada masyarakat sekitar.

“Sejak tahun 2017 sumber air di pabrik AQUA Tanggamus ini mengalirkan 4,2 liter/detik air bersih ke 165 rumah di Pekon Teba untuk pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari. Selain itu air dari sumber ini pun dialirkan untuk keperluan irigasi di Pekon Teba,” ungkap Koordinator CSR Pabrik AQUA Tanggamus Radhitya Pratama.

Berbagai upaya dilakukan Pabrik AQUA Tanggamus untuk menjaga keberlanjutan alam dan lingkungan yang mendorong terciptanya bisnis yang berkelanjutan, termasuk melakukan perlindungan sumber daya air. Proses pelestarian lingkungan yang dilakukan AQUA di Tanggamus telah dimulai sejak pabrik mulai dibangun. Berbagai kegiatan sosial dan lingkungan telah dijalakan sejak tahun 2014 dan dilanjutkan hingga saat ini.

Selain mengalirkan air bersih kepada masyarakat di sekitar pabrik, Pabrik AQUA Tanggamus juga aktif melakukan penanaman pohon, pembuatan biopori, pembuatan rorak.

“Hingga saat ini kami telah melakukan penanaman pohon sebanyak 11.329 yang berlokasi di Kaki Gunung Tanggamus, pembuatan rorak sebanyak 134 lubang, 1085 lubang biopori,” tambah Radhit.

Program-program tersebut dilakukan secara berkelanjutan, bekerjasama dengan berbagai pihak dan berbasis masyarakat.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed