Gubernur Arinal Djunaidi Ajak Seluruh Komponen Masyarakat dan OPD di Tubaba Sukseskan Pembangunan Rakyat Lampung Berjaya

ALTUMNEWS.Com, TULANG BAWANG BARAT —— Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak seluruh komponen masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Tulang Bawang Barat bersama sama sukseskan pembangunan dan wujudkan visi Rakyat Lampung Berjaya.

Hal itu disampaikan Gubernur saat silaturahmi bersama Fokorpimda, Kepala OPD, Camat, Kepalo Tiyuh, Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat, di Nuwo Sesat Agung Bumi Gayou, Islamic Center Tulang Bawang Barat, Rabu (23/11/2022).

Arinal mengatakan kunjungan ini merupakan bagian penting untuk mengajak semua bersinergi dalam melaksanakan visi, misi dan 33 janji yang sudah dituangkan dalam RPJMD Provinsi Lampung 2019-2024.

“Untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Tiyuh,” ujar Arinal.

Arinal menuturkan guna mewujudkan visi tersebut, untuk bersama-sama mensukseskan berbagai program pembangunan salah satunya Program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Melalui program ini akan memberikan kemudahan kepada para petani seperti ketersediaan sarana produksi pertanian, akses keuangan/permodalan dan pembinaan petani.

“Mari kita sukseskan bersama karena Lampung telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian sebagai lokomotif pertanian Indonesia,” katanya.

Arinal mengatakan berkat sinergi yang dibangun bersama semua elemen, visi Rakyat Lampung Berjaya juga sudah mulai terlihat perwujudannya.

Hal ini dibuktikan diantaranya untuk tahun 2022 ini saja, pada Triwulan III tahun 2022 laju pertumbuhan ekonomi Lampung tumbuh sebesar 3,91 (y on y).

Demikian pula dengan Tingkat Kemiskinan periode Maret 2022 mencapai penurunan terbesar Nasional, berada di level 11,57 persen.

“Berbagai prestasi dan penghargaan juga diterima Provinsi Lampung dari Pemerintah Pusat. Artinya ekonomi kerakyatan kita bangkit,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arinal meminta disisi tata kelola pemerintahan, agar bisa meningkatkan pelayanan kepada publik dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

BACA JUGA:  Asyik, Seluruh Destinasi Wisata di Desa Harapan Jaya Pesawaran Sudah Dibuka Kembali

“Kita juga harus mampu berinovasi dan menguasai teknologi dengan membangun dan mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk menjawab kebutuhan masa depan,” katanya.

Arinal meminta agar semangat kerja dan pengabdian tidak boleh kendur serta saling berkolaborasi mewujudkan visi Rakyat Lampung Berjaya.

Sementara itu, Pj Bupati Tulang Bawang Barat Zaidirina mengatakan melalui dukungan serta kerjasama yang solid dari Pemerintah Provinsi, dapat menjadikan Kabupaten Tulang Bawang Barat barometer keberhasilan program-program pembangunan di Provinsi Lampung.

Seperti sinergi untuk fokus terhadap Penurunan angka Prevelensi Stunting, Mendukung Lampung Sebagai Sentra Ternak dan terhadap program KPB.

“Serta pendirian Mall Pelayanan Publik terus kami Wujudkan dengan menyiapkan layanan berbasis teknologi informasi melalui pengintegrasian dengan Program Smart Village,” ujar Zaidirina.

Zaidirina menyebutkan terhadap program Smart Village, sudah 93 Tiyuh di Tulang Bawang Barat yang Smart Village.

“Dan sudah terintegrasi ke Kecamatan sampai dengan tingkat Kabupaten. Sinergi program-program prioritas Pemerintah Provinsi Lampung telah dan terus kami dorong untuk mewujudkan visi dan misi Rakyat Lampung,” katanya.

Dalam rangkaian kunjungan kerja itu, juga dilakukan penaburan benih ikan di Kolam Islamic Centre Tulang Bawang Barat, berupa benih Ikan Jelabat sebanyak 500 ekor dan Ikan Nila Putih sebanyak 2.500 ekor.***