Wagub Chusnunia Chalim Dampingi Menteri BUMN dan Menteri Perdagangan Resmikan Area Selasar Siger BTN di Kawasan Bakauheni Harbour City, Lampung Selatan

ALTUMNEWS.Com, LAMPUNG SELATAN —- Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mendampingi Menteri BUMN RI Erick Thohir dan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan meresmikan Area Selasar Siger BTN, yang dilaksanakan di Kawasan Bakauheni Harbour City, Lampung Selatan, Kamis (1/12/2022).

Selain meresmikan Area Selasar Siger BTN, Menteri BUMN RI Erick Thohir dan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bersama Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim melakukan penanaman pohon dititik 0 Sumatera, yang merupakan area terbuka hijau Selasar Siger BTN. Penanaman pohon juga dilakukan serentak disejumlah daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan bahwa Selasar Siger ini bukan hanya untuk komunitas BUMN tetapi juga untuk masyarakat sekitar, yangmana hari ini mayoritas penduduk Indonesia berusia dibawah 35 tahun artinya mereka perlu tempat untuk berkreativitas.

“Oleh karenanya ada yang namanya tempat kreatif, Selasar Siger. Dan ini menjadi satu kesatuan, ada museum, masjid, Creative Hub, park, dan lainnya. Inilah yang kita maksud dengan membangun kebersamaan berdasarkan gotong royong,” ujar Erick Thohir.

Terkait Bakauheni Harbour City, Erick Thohir mengungkapkan agar jangan menghitung dampak ekonominya dulu, tetapi ekosistem yang harus dibangun terlebih dahulu. “Targetnya 250 ribu sampai 500 ribu pengunjung. Karena itu, saya tekankan agar ekosistem BUMN satu dengan yang lainnya harus sinergi,” jelasnya.

“Dalam membangun sesuatu itu harus menjadi ekosistem, terintegrasi dan konektivitasnya sangat dipikirkan. Jadi ini yang saya cek satu persatu, saya ingin memastikan, agar kedepannya ini terus semakin baik, bukannya malah mangkrak. Jangan kita hanya membangun, tetapi tidak ada hasil,” tambah Erick.

Tujuan utama dari pembangunan Bakauheni Harbour City ini, jelas Erick, bagaimana Lampung menjadi tujuan pariwisata Nasional. Dimana Lampung merupakan pintu Sumatera, dengan 20 juta akses masyarakat yang hilir mudik melalui Lampung setiap tahunnya.

BACA JUGA:  Dukung Startup Bidang Energi, PGN menggelar PGN Energy Startup Competition 2019

“Tinggal kita optimalkan, dan masyarakat sekitarnya akan mendapatkan nilai ekonomi dari umkm ataupun lapangan pekerjaan,” ujar Erick.

Terkait penanaman pohon serentak, Erick menilai bahwa apa yang dilakukan hari ini dalam rangka menghijaukan Indonesia kembali sebagai jantung paru-paru dan darah dari segala pergerakan hijau dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan, menyampaikan rasa optimisme bahwasannya pembangunan Bakauheni Harbour City akan memberikan poin besar bagi Lampung, khususnya Lampung Selatan.
“Saya percaya ini akan ramai dan akan memberikan poin yang besar bagi Lampung pada umumnya, dan Lampung Selatan pada khususnya,” ujar Zulkifli.

Suksesnya pembangunan Bakauheni Harbour City, jelas Zulkifli, kuncinya kolaborasi. “Apabila ini diperluas lagi kolaborasinya, saya yakin ini akan menjadi tempat yang luar biasa,” ungkapnya.

Terkait penanaman pohon, Zulkifli menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut dalam rangka menghijaukan Indonesia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menilai ini ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Menggarap wisata, religinya tergarap, ekonomi kreatifnya tergarap, umkm anak mudanya tergarap, dan berkelanjutan.

“Artinya memikirkan legacy, bukan hanya untuk dinikmati hari ini oleh masyarakatnya, tetapi legacy untuk anak cucunya dipikirkan,” ujar Wagub Chusnunia.

Untuk diketahui, Selasar Siger BTN merupakan serambi konektivitas siger sebagai wadah dimana budaya, kreasi, berwirausaha saling berinteraksi.

Selasar Siger BTN itu sendiri terdiri dari:
1. Creative Compound, yang merupakan Bangunan kecil permanen untuk para umkm menjual produk dan memperkenalkan hasil karyanya.
2. Amphitheatra, Area dengan desain sebagai tangga dan dapat digunakan sebagai tempat duduk jika diadakan pentas atau panggung di area Plaza utama.
3. Plaza UMKM dan Pelatihan. Area tempat untuk pelatihan dan pameran dengan konsep area terbuka namun dilengkapi fasilitas tenda permanen
4. Plaza Utama. Area terbuka untuk tempat berkumpul atau menyajikan pentas seni serta penyambutan oleh masyarakat lAmpung, termasuk tempat beraktifitas outdoor seperti olahraga
5. Play Space (Interactive Space). Area ini digunakan sebagai tempat berkumpul dimana akan disiapkan instalasi seni yang dapat digunakan untuk area foto Pengunjung atau tempat bermain bagi anak-anak dan keluarga
6. Deck Pedestrian. Jalur pejalan kaki yang disiapkan bagi pengunjung untk mengelilingi area selasar siger BTN
7. Ruang terbuka hijau. Area hijau yang ditanami pohon-pohon yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

BACA JUGA:  PT KAI Berikan Promo Gercep

Sebagaimana diketahui, groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) telah dilakukan pada tanggal 27 Oktober 2021.

Peletakan batu pertama ini menandai tahap awal dimulainya pembangunan BHC yang diawali dengan pembangunan Masjid BSI, Area UMKM, Renovasi Menara Siger, Creative Hub, Housing Development & Enterpreneur Center.Pembangunan tersebut pendanaannya didukung oleh Bank Himbara.

Sebelum meresmikan Selasar Siger BTN, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan didampingi Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim terlebih dahulu meninjau Masjid BSI Bakauheni.

Masjid BSI Bakauheni didesain dengan konsep Terusan Sang Siger memadukan unsur budaya Lampung dengan desain modern bernafaskan Islami. Masjid ini dibangun diatas lahan seluas 4.811 m² dan Luas bangunan 2.954 m². Proses konstruksi bangunan dimulai pada bulan Maret 2022 dan ditargetkan selesai bulan desember 2022.

Kemudian, dilanjutkan dengan peninjauan rencana pembangunan BNI Xpora Creative Hub. BNI Xpora Creative Hub berfungsi sebagai bantuan sarana untuk pelaku ekonomi kreatif di Provinsi Lampung berkumpul. Kemudian, untuk industri creative, seni rupa, photography, fashion, seni budaya, Exihibition dan Comercial Room.***

Komentar