Pascasarjana Unila dan PT Bukit Asam Adakan Kuliah Tamu Keberhasilan Program CSR Berkelanjutan

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Pascasarjana Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan PT Bukit Asam Tbk mengadakan kuliah tamu dengan tema “Keberhasilan PT Bukit Asam Tbk dalam Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang Bersifat Berkelanjutan.” Kegiatan berlangsung di Gedung Pascasarjana Unila pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Kerja sama ini merupakan langkah awal bagi PT Bukit Asam Tbk dalam memasuki bidang pendidikan, sambil memberikan peluang bagi Pascasarjana Unila untuk melakukan riset dan pengabdian masyarakat dalam industri.

Direktur Pascasarjana Unila Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., dalam sambutannya mengatakan pentingnya acara kuliah umum ini. Ia menekankan di era saat ini, inovasi dalam hal berbagi sumber daya jaringan sangat diperlukan.

“Hari ini, Pascasarjana Unila berkesempatan untuk menjalin kerja sama dengan PT Bukit Asam Tbk. Saya berharap paparan implementasi PT Bukit Asam dapat kita diskusikan, telaah, hingga bisa menghasilkan tindak lanjut dalam bentuk riset di masa mendatang,” ujar Prof. Murhadi.

Selanjutnya Asistant Vice President SDM, Umum, Keuangan, dan CSR PT Bukit Asam Tbk Hamdani, S.T., M.M., memaparkan salah satu implementasi penting yang dilakukan perusahaan dalam upaya pembangunan berkelanjutan, yaitu melalui program (Corporate Social Responsibility) CSR.

CSR merupakan komitmen berkelanjutan dari dunia usaha untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi komunitas setempat atau masyarakat luas. CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungannya.

Hamdani menambahkan, terdapat empat model umum pelaksanaan CSR yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, salah satunya adalah “Bermitra dengan pihak lain”.

Oleh karena itu, kegiatan kuliah tamu yang diadakan hari ini merupakan tindak lanjut dalam bidang penelitian dan pengabdian yang akan menguntungkan baik Pascasarjana Unila maupun PT Bukit Asam Tbk.

BACA JUGA:  Pergi ke Kebun tapi Tak Kunjung Pulang Warga Sukabumi Bandarlampung Dilaporkan Hilang

Mahasiswa pada kuliah tamu ini diharapkan dapat meraih manfaat dan wawasan tentang bagaimana pelaksanaan CSR yang berkelanjutan diimplementasikan langsung PT Bukit Asam Tbk. Ini adalah langkah penting dalam memahami dan mendorong praktik tanggung jawab sosial perusahaan yang lebih luas.***