Himasakta FKIP Unila Gelar Desa Binaan di Desa Tejang Pulau Sebesi

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Himpunan Mahasiswa Eksakta (Himasakta) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) menggelar kegiatan desa binaan di Desa Tejang, Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan yang berlangsung 2 hingga 6 Juli 2024 ini bertujuan untuk membantu desa menjadi lebih maju dan sejahtera di berbagai bidang. Program merupakan kolaborasi antara Himasakta FKIP Unila dan Ikatan Mahasiswa Lampung Selatan, dengan melibatkan 64 mahasiswa.

Mengusung tema “Aksi Nyata Membangun Kesejahteraan Masyarakat Desa yang Berkelanjutan,” kegiatan diharapkan dapat mengoptimalkan potensi alam dan masyarakat Desa Tejang, serta memberikan dukungan untuk memaksimalkan potensi desa.

Pembukaan kegiatan dilakukan Kepala Desa Tejang dan Ketua Himasakta FKIP Unila, didampingi perwakilan dari Ikatan Mahasiswa Lampung Selatan. Beberapa tokoh masyarakat dan warga setempat turut hadir.

Selama tiga hari pelaksanaan, berbagai kegiatan dilakukan, termasuk lokakarya, pelatihan ecoprint, sosialisasi minat kampus dan beasiswa, sosialisasi pengembangan media sosial dan website, literasi senja, pentas seni anak-anak, serta gotong royong bersama warga. Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tejang melalui pemberdayaan dan peningkatan keterampilan.

Ketua Himasakta FKIP Unila menjelaskan, Desa Tejang di Pulau Sebesi memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, baik dari segi alam maupun sumber daya manusia. Melalui program desa binaan ini, pihaknya berharap dapat memberikan kontribusi nyata untuk memajukan desa ini.

Ketua Jurusan PMIPA Dr. Nurhanurawati, M.Pd., mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, selain memberi pengalaman langsung bagi mahasiswa dalam interaksinya dengan masyarakat, kegiatan ini melatih mahasiswa untuk bersimpati dan empati terhadap permasalahan masyarakat.

Kegiatan ini juga menggerakkan masyarakat agar dapat berkegiatan positif dan tentunya sangat mendukung visi jurusan Pendidikan MIPA yaitu menjadikan jurusan Pendidikan MIPA unggul sebagai pusat inovasi pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, yang selanjutnya mendukung tercapainya visi FKIP Unila.

BACA JUGA:  Unila Tuan Rumah ToT Kewirausahaan Bersama Wadhwani Foundation

Agenda ini diakhiri dengan gotong-royong bersama warga. Ketua Umum Himasakta FKIP Unila berharap, kegiatan ini dapat memberi dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat Desa Tejang, sekaligus memberi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam berinteraksi dan berkontribusi langsung kepada masyarakat.***