Wakil Bupati Pringsewu Canangkan Kampung Siaga Bencana Pekon Ambarawa Timur

0
186

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mecanangkan Pekon Ambarawa Timur sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB). Pencanangan ditandai dengan pemukulan kentongan secara bertalu-talu “doro muluk” yang diikuti oleh Kadinsos Provinsi Lampung, Sumarju Saeni dan beberapa kepala OPD serta para Camat se-Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan berlangsung di lapangan Pekon Ambarawa Timur Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Kamis 4 April 2019.

Pencanangan KSB ini juga merupakan Rangkaian Peringatan HUT Taruna Siaga Bencana (TAGANA) ke-15 Tingkat Kabupaten Pringsewu Tahun 2019.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pringsewu menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh anggota TAGANA dan unsur-unsur baik dari pemerintah dan masyarakat yang terlibat dalam penanganan bencana.

“Terimakasih kepada seluruh elemen yang terlibat dalam usaha penanganan bencana, dan berharap dengan pencanangan Kampung Siaga Bencana ini, kita lebih siap dan terlatih dalam penanganan bencana di Pekon Ambarawa Timur khususnya dan Kecamatan Ambarawa pada umumnya,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga Wakil Bupati juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa beberapa peralatan penanganan kebencanaan seperti tenda dan karpet gulung, 500 bibit tanaman, peralatan sekolah dan bantuan permakanan.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni didepan awak media mengatakan bahwa “kegiatan KSB ini sangat penting dilakukan secara terus menerus dan masif. Mengingat kita berada di daerah rawan bencana alam seperti tsunami, banjir, longsor, puting beliung, dan sebagainya,” katanya.

Sebagaimana arahan Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 18 Februari lalu di Pandeglang menginstruksikan bahwa kegiatan sosialisasi dan mitigasi bencana senantiasa digalakkan antara lain dengan program Tagana Masuk Sekolah juga Kampung Siaga Bencana (KSB). Hal tersebut sebagai edukasi masyarakat tentang kebencanaan. Kita sadari bencana datangnya tidak dapat kita prediksi.

BACA JUGA:  PT KAI Berikan Bantuan Korban Tsunami di Kalianda

Menurut Sumarju, kegiatan Tagana Masuk Sekolah pada tahun ini telah dilaksanakan secara serentak dibeberapa Kabupaten, bulan April ini juga telah dilaksanakan di Desa Hanura, Kabupaten Pesawaran dengan melibatkan ribuan anak sekolah SD, SLTP dan SLTA dengan melibatkan Tagana, Pramuka Andu Abdimasgana, Vertikal Rescue dan PMI.

Disamping itu sampai dengan tahun 2018 telah dilaksanakan Kampung Siaga Bencana (KSB) di daerah rawan bencana sebanyak 19 titik dengan melibatkan 1.140 pemuda setempat. pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh anggota Banser, Pemuda Kokam, Pramuka, Tim Damkar BPBD Kabupaten Pringsewu, TKSK, PSM, Pendamping Sosial PKH, Komunitas Aksi 2000, Tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar serta unsur masyarakat pekon Ambarawa Timur.***

Editor : Robert

Facebook Comments