Toleransi di Lampung, Pemuda Katolik Amankan Masjid Kala Saudara Umat Muslim Salat Idul Fitri

0
488
Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Lampung Selatan saat mengamankan Masjid Jami, Dusun Candirejo, Desa Titiwangi, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, pada saat berlangsung salat ied, Rabu, 05Juni 2019.

ALTUMNEWS.com, LAMPUNG SELATAN — Wujud toleransi masih banyak ditemui di sekitar kita. Salah satunya dicontohkan oleh para anggota Pemuda Katolik dan pemuda lintas agama lainnya pada Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah beberapa waktu lalu di Lampung Selatan.

Di Masjid Jami, Dusun Candirejo, Desa Titiwangi, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, sejumlah gabungan pemuda lintas agama dari Hindu, Budha, dan Katolik turut membantu pengamanan dan kelancaran perayaan Hari Raya Idul Fitri. Bersama aparat terkait, mereka berjaga di sana.

Tidak pada saat Salat Idul Fitri saja, sejak H-7 Idul Fitri 1440 H Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Lampung Selatan juga terlibat pada Posko Mudik Ansor di Way Urang Lampung Selatan.

“Kurang lebih tiga tahun terakhir ini, kami saling membantu saat perayaan hari besar agama, sebaliknya saat Natal, teman-teman Muslim membantu kami,” kata Ketua Pemuda Katolik Komcab Lampung Selatan, Markus Sudjadi kepada Altumnews.com, Selasa, 11 Juni 2019.

Markus mengatakan, Pemuda Katolik juga ikut serta membantu kelancaran salat ied di 15 titik masjid lainnya di Lampung Selatan.

“Kami juga sudah mengatur jadwal bantu Posko Mudik Ansor dari tanggal 05–07 Juni 2019. Jadwal kami susun dengen temen-temen ansor, karna mereka kan salat ied, maka gantian kami yang jaga,” ucapnya.

Sebagai informasi, Pemuda Katolik Komcab Pringsewu, Lampung Tengah, Tanggamus dan Way Kanan juga turut membantu pengamanan salat ied di masjid-masjid yang tersebar di wilayanya. Mereka bahu-membahu bersama aparat keamanan dan pemuda lintas agama lainnya.***

Editor : Robert

Facebook Comments
BACA JUGA:  Peduli Lingkungan, PT KAI Divre IV Tanjungkarang Serahkan Motor Pengangkut Sampah