Komisi HAK dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang Minta Polda Lampung Tingkatkan Dialog Kerukunan

0
78
Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan (HAK) dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang terlibat pada acara Silhaturahmi DA’I Kamtibmas Lintas Agama Polda Lampung”, di Ballroom Novotel Lampung, Selasa, 6 Agustus 2019.

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan (HAK) dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang meminta kepada Kepolisian Daerah (Polda) Lampung untuk meningkatkan dialog kerukunan dan dialog karya.

“Polda bisa terus menjadi mitra strategis dalam meningkatkan kedamaian dalam masyarakat khusunya dengan jaringan lintas agama, terus meningkatkan dialog kerukunan dan dialog karya,” kata Antonius Mustaim, anggota Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan (HAK) dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang. Hal itu diutarkannya pada acara “Silhaturahmi DA’I Kamtibmas Lintas Agama Polda Lampung”,  di Ballroom Novotel Lampung, Selasa, 6 Agustus 2019.

Antonius Mustaim, anggota Komisi Hubungan antar Agama dan Kepercayaan (HAK) dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang saat menyamapaikan pandangan pada acara “Silhaturahmi DA’I Kamtibmas Lintas Agama Polda Lampung”, di Ballroom Novotel Lampung, Selasa, 6 Agustus 2019.

Pada acara itu, Taim, panggilan akrab Antonius Mustaim mewakili Ketua Komisi HAK dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang, Romo Roy.

“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Polda Lampung yang telah melaksanakan kegiatan dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam masyakat dengan melibatkan dai lintas agama,” imbuhnya.

Mengenai keterkaitan dengan penguatan nilai-nilai luhur kebangsaan, lanjut Taim, Komisi HAK dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang sepakat bahwa Pancasila adalah pandangan hidup yang nilai-nilainya wajib diamalkan agar tercipta kehidupan yang aman dan tertib.

“Pancasila adalah alat pemersatu Bangsa dan tak tergantikan di Bumi Indonesia, NKRI harga mati,” tegasnya.

Untuk Da’i Kamtibmas, Taim berharap bisa menjadi mitra strategis dalam meningkatkan kerukunan dalam masyarakat. “Kedepan perlunya terus melibatkan Da’i Kamtibmasi terdekat dalam setiap kegiatan kebersamaan,” tutupnya.

Sementara itu, Irwasda Polda Lampung Kombes (Pol) Rudy Sumardiyanto saat membacakan sambutan Kapolda Lampung Irjen (Pol) Drs. Purwadi Arianto menyampaikan peran strategis Da’i Kamtibmas dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat

“Maka dalam upaya upaya meningkatkan Kamtibmas kedepan perlu mengambil langkah langkah antisipatif dan preventif,” katanya.

Kapolda berharap, Da’i Kamtibmas lintas agama dapat melakukan syiar agamanya masing-masing dalam suasana yang menyejukan. “Juga bersama-sama dai lintas agama bisa bersinergi menangkal isu-isu negatif atau berita hoax yang dapat memecah belah umat dan mengancam persatuan,’ tutupnya.***

Editor : Robert

Facebook Comments