Tim SAR Cari Korban Perahu Terbalik di Sungai Waykanan

0
70
Pada Jumat (03/01) Tim SAR Gabungan melaksanakan pencarian menggunakan 1 unit perahu karet Basarnas Lampung, 2 unit Perahu Fiber BPBD Waykanan dan 4 Unit Kapal Getek warga

ALTUMNEWS.com, WAYKANAN –- Tiga korban terbaliknya perahu karam di perairan sungai Waykanan hingga kini masih belum ditemukan. Tiga korban itu merupakan petani singkong warga Gedung Jaya, Kecamatan Negara Batin, Waykanan.

“Kejadian itu terjadi pada Kamis, 02 Janurari 2020 sore lalu, pukul 17.30 WIB. Menurut keterangan dari korban yang selamat, mereka berjumlah 8 orang,” tulis Humas Basarnas Lampung Deni Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 03 Januari 2020.

Menurut Deni, delapan orang petani singkong itu hendak pulang kerja dengan menggunakan perahu atau getek menuju Kampung Karta Jaya. “Nahas, saat dalam perjalanan perahu yang mereka tumpangi oleng dan karam dikarenakan melebihi kapasitas dan mengakibatkan 5 orang selamat dan 3 orang dalam pencarian. 5 orang korban selamat berpegangan pada perahu sedangkan 3 orang lainnya terbawa arus yang cukup deras saat itu,” imbuh Deni.

Adapun nama-nama korban yang selamat adalah Sugiman (40), Pitrihariyadi (30), Anjas (36), Hasim (41) dan Day Wansyah (28). Sedangkan korban yang dalam pencarian adalah Edi Purwanto (36), Julianto (22), dan Bowo (19).

Menindaklanjuti laporan tersebut Basarnas Lampung, lanjut Deni langsung mengirimkan 1 tim rescue berjumlah 7 personil dari Unit Siaga Tulang Bawang untuk menuju ke lokasi dan melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan.

“Sampai lokasi tim berkoordinasi dengan aparat setempat untuk selanjutnya menjadi tim SAR gabungan dalam mencari 3 korban hilang tersebut,” ucapnya.

Diterangkannya, pada hari ini Jumat (03/01) Tim SAR Gabungan melaksanakan pencarian menggunakan 1 unit perahu karet Basarnas Lampung, 2 unit Perahu Fiber BPBD Waykanan dan 4 Unit Kapal Getek warga dengan radius kurang lebih 3 km dari titik kejadian,

“Pencarian dimulai pukul 07.00 WIB, selanjutnya pukul 13.30 WIB, Tim SAR  melaksanakan pencarian dari titik terakhir pencarian ke lokasi kejadian. Pencarian dilaksanakan sampai pukul 17.30 dan dihentikan sementara dengan hasil nihil,” tutur Deni.

BACA JUGA:  Dinsos Lampung bersama Kemensos, Evaluasi Pekerja Sosial dan Konselor Adiksi

Menurut Deni, pencarian akan dilanjutkan esok hari dengan radius yang lebih luas dan diperkirakan arus sungai akan mulai surut esok hari.

Sebagai informasi, Tim SAR gabungan yang terlibat adalah Basarnas Lampung, Babinsa Kertajaya, Babinsa Gedungjaya, Babinsa Sarijaya, Polsek Negarabatin, BPBD Waykanan, Pol PP Waykanan, Puskesmas Gisting Jaya dan aparat desa setempat serta warga sekitar.***

Editor : Robert

Facebook Comments