oleh

Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19 Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Gelar Pasar Murah

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — untuk meringankan warga yang terdampak covid-19, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung menggelar pasar murah sekaligus penyerahan bantuan sosial penanganan Covid-19. Acara digelar di halaman kantor setempat pada Senin, 18 Mei 2020.

Kegiatan pasar murah ini menindaklanjuti arahan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian yang selama ini mencermati kondisi harga bawang merah dan gula pasir di pasaran yang harganya cukup tinggi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Kusnardi mengatakan, kegiatan pasar murah digelar selama 3 hari, mulai dari tanggal 18 hingga 20 Mei 2020.

”Kegiatan pasar murah ini khusus untuk menekan harga bawang merah yang mencapai 60 hingga 70 ribu rupiah dan gula pasir yang mencapai 15 hingga 18 ribu rupiah di pasaran. Di pasar murah gula pasir dijual dengan harga Rp. 12.500, dan bawang merah Rp. 45.000/kg ” ujar Kusnardi.

Selain itu juga, sambungnya, kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan, distribusi dan stabilisasi harga pangan di daerah khususnya ditengah kondisi penyebaran Covid-19.

”Diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, focus, terpadu dan sinergis untuk menekan harga kedua komuditas tersebut,” tegasnya.

Pada hari ini juga, tambah Kusnardi, pihaknya akan memulai kegiatan Pasar Mitra Tani guna meredam fluktuasi.

”Harga yang biasanya tinggi di bulan Ramadan, sehingga kita bisa langsung upayakan stabilisasi harga. Dengan hadirnya Pasar Mitra Tani juga dapat membantu petani atau gapoktan menyalurkan hasil pertaniannya dan membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau serta mutu yang terjamin,” bebernya.

Sementara itu, warga Rajabasa, Kresti merasa sangat terbantu dengan adanya pasar murah yang digelar Pemerintah Provinsi Lampung, apalagi disaat situasi covid-19 ini.

BACA JUGA:  Unila Tanda Tangani MoU dengan BSI

”Syukur alhmdulillah, dinas ketahanan pangan mengerti keadaan yang sedang dialami masyarakat, dengan adanya pasar murah, masyarakat bisa sedikit terbantu dengan membeli bahan-bahan pokok dengan harga terjangkau,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung memberikan bantuan social berupa beras 5 kilogram, mie instan 5 buah, minyak goreng 1 liter, gula 1 kilogram, sardencis besar 1 kaleng.

Bantuan ini merupakan partisipasi dari karyawan-karyawati Dinas dan stakeholder Bidang Pertanian di Provinsi Lampung dalam penanganan Covid-19.

Bantuan sosial juga telah diberikan kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sebanyak 200 paket dan pada hari ini diberikan kepada panti dan warga sekitar Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung sebanak 100 paket.  Total keseluruhan 300 paket.***

Editor : Robert

Komentar