oleh

Fakta Gunung Pesawaran, Memiliki Lima Titik Puncak

ALTUMNEWS.Com, PESAWARAN — Gunung Pesawaran atau yang lekat dengan sebutan Gunung Sukmo Ilang merupakan salah satu gunung terkenal di Provinsi Lampung.

Gunung Sukmo Ilang secara administratif masuk di wilayah Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Gunung ini memiliki ketinggian 1.682 mdpl.

Gunung Sukmo Ilang memiliki lima titik puncak. Demikian dituturkan juru kunci Gunung Sukmo Ilang, Mbah Basrowi (75) dalam video yang diunggah YouTube Visit Lampungyo pada 15 Januari 2020 berjudul “Misteri Puncak-Puncak di Pegunungan Sukmo Ilang Lampung”.

Dalam video berdurasi 2 menit 42 detik itu terlihat Mbah Bas, begitu dia disapa bersama dua cucunya Lita dan Eko sedang mendaki bersama Ardi Okta Syaputra, pendaki dari Bandarlampung. Rombongan dalam video itu sendang mendaki ke salah satu titik puncak di Gunung Sukmo Ilang bernama Puncak Pematang Petai.

“Makanya aku kan bilang di pucak gunung ini (Sukmo Ilang) ada lima atau tiga puncak yang sama tingginya. Itu yang dilihat dari Tugu (puncak utama) ya kayak gitu,” kata Mbah Bas.

Dia menyebutkan nama tiga dari lima titik puncak yang diketahuinya yaitu Puncak Pematang Petai, Puncak Leher Kambing dan, yang tertinggi, Puncak Tugu atau biasa disebut juga Puncak Ratai.

Mbah Bas sendiri dikenal sebagai “penjaga” Gunung Sukmo Ilang. Dia kerap kali mengantarkan pendaki gunung dari berbagai daerah yang ingin muncak. Kecintaannya kepada hutan di Gunung Sukmo Ilang ditunjukannya dengan menjaga kelestariannya hingga sekarang.

Ardi Okta Syaputra, saat dikonfirmasi Altumnews.com pada Kamis (07/01/2021) membenarkan pendakiannya dengan juru kunci Gunung Sukmo Ilang Mbah Basrowi.

“Kami mengambil titik pendakian menuju salah satu titik puncak di Gunung Pesawaran dari desa Dusun Sinar Tiga Desa Harapan Jaya. Mbah Basrowi ditemani dua cucunya Lita dan Eko, mengantarkan saya ke puncak Pematang Petai,” kata Ardi yang kesehariannya bekerja sebagai pegawai Bank ini.

Ardi merasa beruntung karena menjadi pendaki pertama yang berkesempatan diantarkan sang juru kunci Gunung Sukma Ilang. Karena berdasarkan pengakuan Mbah Bas, hampir tiga puluh tahun tak menginjakan kaki di Puncak Pematang Petai.

“Pendakian kami lalui dengan menghabiskan waktu sekitar enam jam perjalanan dari kaki gunung menuju beberapa titik puncak Gunung Pesawaran. Letih dan peluh selama perjalanan seperti terbayar dengan segala keindahan Puncak Gunung Pematang Petai,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed