oleh

Minimalisir Risiko Para Pendaki Tersesat, Tim Taman Nasional Gunung Merbabu Regenerasi Pemasang Pal HM

ALTUMNEWS.Com, JAWA TENGAH – Minimalisir risiko para pendaki tersesat, Tim Taman Nasional (TN) Gunung Merbabu meregenerasi pemasangan Pal HM di lima jalur resmi Gunung Merbabu. Sebagaimana diketahui, gunung dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut ini, terletak di Jawa Tengah dan termasuk salah satu gunung favorit pendaki gunung Indonesia.

“Dilakukan regenerasi pemasang Pal HM yang lebih keren dan mudah terbaca di malam hari. Tinggi pal mencapai 150 cm. Pal dapat memantulkan cahaya dimalam hari jika terkena sorot lampu pendaki, sehingga mudah terlihat dari kejauhan,” tulis akun instagram resmi Taman Nasional Gunung Merbabu @balai_tn_gunungmerbabu, Selasa (12/01/2021).

Tim TN Gunung Merbabu memasang Pal HM di lima jalur pendakian resmi yaitu jalur Kopeng Thekelan, Wekas, Kopeng Cunthel, Swanting dan Selo.

“Pal HM dipasang serentak di semua jalur pendakian sebanyak 250 Pal HM, dengan harapan bisa bertahan lama tidak dirusak atau vandalisme oleh pendaki maupun masyarakat yang beraktivitas didalam kawasan hutan tentunya,” tulis akun instagram resmi TN Gunung Merbabu @balai_tn_gunungmerbabu.

Sebagaimana diketahui, fungsi dari Pal HM ini sangat penting sebagai penanda trek jalur pendakian bagi pendaki pemula serta bisa dijadikan titik penanda ketinggian pada jalur tersebut.

“Kegiatan pemasangan ini dikerjakan oleh Tim TN Gunung Merbabu, KPA Rajawali, MPA, MMP, masyarakat, volunteer Merbabu dan komunitas lain yang terlibat,” tutupnya.***

Sumber : akun instagram resmi TN Gunung Merbabu @balai_tn_gunungmerbabu.
Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed