oleh

Ditjen PSKBS Kemensos RI Gelar Sarasehan Sosial untuk Tangkal Radikalisme di Desa Sinar Rezeki Jati Agung Lamsel

ALTUMNEWS.Com, JATI AGUNG — Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Pelopor Perdamaian (Pordam) di bawah Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS), menyelenggarakan Sarasehan Sosial di Desa Sinar Rezeki Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (9/11/2021).

Kegiatan yang digelar bersama Forum Keserasian Sosial Desa setempat itu bertema “Peran Serta Masyarakat Dalam Menangkal Radikalisme dan Menjaga Kebhinekaan Dalam Bingkai NKRI”.

Narasumber dalam kegiatan tersebut menghadirkan, Kepala Desa Sinar Rezeki Daryanto, Ketua Forum Keserasian Sosial Desa Sinar Rezeki Kyai Solahudin Mahfudz, Babinsa Desa Sinar Rezeki Budi Mulyono, Kanit Reskrim Polsek Jati Agung Arie Apraja, Ketua MUI Jati Agung Kyai M. Zamzami, Ketua Syuriah MWC NU Jati Agung, dan dihadiri oleh sejumlah warga Desa Sinar Rezeki.

Kepala Desa Sinar Rezeki Daryanto dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas kegiatan Sarasehan Sosial.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan sosialisasi ini melibatkan beberapa elemen yaitu aparatur desa masyarakat, tokoh pemuda, juga tokoh agama yang ada di Sinar Rejeki.

“Alhamdulillah apresiasi sangat tinggi dan saya sangat senang dengan adanya sosialisasi ini, karena dapat menambah wawasan dan pemikiran kepada seluruh masyarakat khususnya para tokoh-tokoh, sehingga bisa mencegah ada mungkin ormas-ormas yang tidak sesuai dengan aturan pemerintah atau agama, disini juga kita saling komunikasi saling musyawarah sehingga perjalanan di masyarakat Desa Sinar Rezeki akan aman tentram,sesuai apa yang diinginkan,” ujar Kades.

Kades berharap masyakat semakin sadar dan waspada akan bahaya radiklaisme dan tahu bagaimana harus menangkalnya.

“Kita harapkan pada masyarakat apabila ada orang-orang yang sifatnya tidak sesuai dengan aturan aturan pemerintah dan agama, kita selalu berkomunikasi sehingga Desa Sinar Rezeki ini aman dan aman,” tutup Kades.

BACA JUGA:  Banyak Nonton YouTube saat Idulfitri, Trafik Data Telkomsel Naik 49%

Pada kesempatan itu, Kabid Linjamsos Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan Beni Candra sangat mendukung kegiatan sarasehan tersebut.

“Kami berharap semua pihak dapat menjalin kerjasama dalam menangani konflik sosial dan radikalisme,” tegas Beni.

Sementara itu, Pendamping Forum Keserasian Sosial Desa Sinar Rejeki Hasran Hadi mengatakan menyamapikan terima kasihya semua pihak yang menunjang berlangsungnya kegiatan ini.

“Adapun nanti kita harapkan dari kegiatan ini sesuai dengan yang sudah disampaikan oleh Pak Kades tadi adanya koordinasi dengan warga masyarakat aparat desa dan akhirnya nanti sampai ke pihak yang berwenang, atau kepolisian maupun pemerintah setempat jika nanti ada paham-paham yang bertentangan dengan agama atau nilai-nilai yang ada dalam NKRI,” ungkap Hasran.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed