oleh

Kinerja Ekonomi Provinsi Lampung Triwulan III 2021 Tetap Tumbuh Positif 3,05 Persen

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG – Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyebutkan kinerja ekonomi provinsi ini triwulan III 2021 tetap tumbuh positif sebesar 3,05 persen (yoy).

Demikian terungkap pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 diselenggarakan dengan tema “Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi untuk pemulihan Ekonomi” serta arahan Presiden Republik Indonesia melalui virtual meeting, Rabu, (24/11/2021).

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo melalui paparan terkait prospek ekonomi dan arah kebijakan Bank Indonesia 2022 menyampaikan sinergi dan inovasi menjadi pendorong pemulihan ekonomi Indonesia meskipun BI melihat adanya 5 permasalahan global yang berdampak pada ekonomi RI dan harus diwaspadai.

“Kenapa bisa turun dari kuartal II ke kuartal III, karena bulan Juli PPKM darurat 1 bulan penuh, kita rem total karena varian delta yang tak disangka-sangka,” ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan BI (PTBI) 2021, Rabu (24/11/2021)

Sementara, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung menetapkan target lima tahun.
Pertama,peningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pertanian yang mendukung upaya peningkatan produksi tanaman pangan (padi, jagung, dan kedelai) serta hortikultura. Kedua, peningkatkan produksi dan produktivitas pertanian tanaman pangan dan hortikultura yang diukur melalui peningkatan jumlah produksi.

“Kalau 10 provinsi saja melakukan apa yang kami lakukan, Indonesia berhenti impor,” ujar Arinal terkait Rencana Pembangun 2021-2026 untuk mencapai pertumbuhan ekonomi daerah.

Saat ini, Bendungan Way Rarem dan Way Sekampung sudah selesai diperbaiki sehingga pasokan air pada sawah irigasi kembali baik dan lancar. Terkait Nilai Tukar Petani (NTP) Lampung sampai bulan April 2021, rata-rata sebesar 97,46,

Diperkirakan ekonomi sudah kembali merangkak naik. Seiring dengan kasus covid yang semakin melandai hingga mobilitas masyarakat yang pulih, namun tetap harus berhati-hati bukan berarti situasi sudah dalam keadaan aman mengingat masih ada pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Trafik Data Meningkat Pesat XL Axiata Terus Bangun Jaringan di Sukabumi

“Tapi sekali lagi, ketidakpastian selalu mengintip. Hati-hati kita harus optimis kita juga harus tetap hati-hati,” tegasnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed