oleh

Universitas Lampung Gelar Halalbihalal 1443 Hijiriah

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Suasana gembira menyelimuti sivitas akademika Universitas Lampung (Unila) yang hadir di Gedung Serbaguna (GSG) kampus setempat, Rabu, 11 Mei 2022. Usai dua tahun melewati masa pandemi, akhirnya keluarga besar Unila dapat kembali berkumpul secara tatap muka dalam rangka Halalbihalal Idulfitri 1443 Hijriah.

Acara bertajuk “Menumbuhkan Kejernihan dan Jembar Hati Penuh Rasa Kasih Sayang pada Sesama” ini disambut baik keluarga besar Unila tingkat rektorat, fakultas, lembaga, hingga UPT. Mereka hadir sejak pukul 09.30 pagi dan memenuhi tribun-tribun dalam GSG tersebut.

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya acara tersebut. Melalui acara ini, semua dapat bersilaturahmi sekaligus saling memaafkan usai melewati satu bulan puasa Ramadan.

Momen halalbihalal tahun 2022 bagi Karomani juga sangat spesial karena kehadiran tiga rektor senior Unila yakni Prof. Dr. Ir. Muhajir Utomo, M.Sc., Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S., dan Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P.,

Karomani berharap, hadirnya ketiga tokoh penting tersebut dapat menjadi role model bagi para pemimpin yang mampu belajar berjembar hati dan menjaga tali silaturahmi baik yang sekarang maupun yang pernah memimpin. Silaturahmi harus dijaga antara semua mantan rektor dengan rektor.

Ketua FRPKB ini juga mengucapkan terima kasih kepada sivitas akademika Unila yang selama ini telah bersinergi membangun Unila hingga mampu mencapai berbagai prestasi. Rektor Karomani hari ini juga menyampaikan kenaikan remunerasi dalam momen halalbihalal Unila 2022. Itu dapat dilakukan karena kenaikan PNBP yang naik 25 persen sepanjang Karomani menjadi rektor tahun 2021.

Ia juga memaparkan ikhtiarnya membangun sistem birokrasi lebih baik melalui penguatan regulasi. Selain itu, komitmen terhadap seluruh warga Unila, termasuk tenaga kependidikan (tendik).

BACA JUGA:  Hasil Pertanian Kena PPN 1,1 Persen

Berikut ini capaian lain yang patut diketahui masyarakat dan warga Unila:

• Percepatan profesor; saat ini 40 usulan guru besar sedang berproses.
• Perbaikan peringkat di webometrics, scimago, dan liga IKU Dikbud. Juga peringkat kedua nasional pengelolaan keuangan.
• Penguatan PNBP naik 25 menjadi Rp348 miliar di 2022; diprediksi di atas Rp400 miliar ketika Unila masuk PTNBH. Karena itu, gaji remunerasi tahun ini akan dinaikkan cukup signifikan.
• Pembangunan infrastruktur dalam setahun ke depan tak ada lagi yang mangkrak, seperti rumah sakit, masjid, gedung FEB, FP.
• Enam belas prodi dalam proses akreditasi internasional.
• Penguatan kerja sama internasional dengan universitas luar negeri, seperti NSTU Rusia, Sorbonne Perancis, Universitas Kentucky, Universitas Lahore Pakistan; juga tetap menjalin kerja sama dengan universitas di Jepang, Australia.
• Penguatan regulasi dengan hampir 60 pertor, mulai dari pegawai non-ASN, fungsional dosen kontrak, beasiswa, insentif prestasi mahasiswa, lembaga kemahasiswaan, penggunaan mobil dinas, perjalanan dinas, BPU, remunerasi. Sedang dikaji pula hak dan kewajiban mantan rektor untuk dituangkan ke dalam peraturan rektor.***

Komentar

News Feed