oleh

Rektor Tegaskan Inisiatif Global dalam Rangka Unila sebagai World Class University

ALTUMNEWS.Com, AMERIKA SERIKAT — Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., bersama Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Prof. Ir. Suharso, Ph.D., dan Kepala UPT Pengembangan Kerja sama dan Layanan Internasional (PKLI) Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., melakukan penjajakan kerja sama dengan Pennsylvania State University (Penn State University), Amerika, Selasa, 7 Juni 2022, waktu setempat.

Kunjungan diterima jajaran pimpinan Penn State Global di antaranya Senior Director, Planning and Partnerships Penn State Global Mel White, Director of Development for Penn State Global and International William Shuey, Assistant Director for Global Collaborations Vladislav Likholetov, serta Global Outreach Coordinate Rachel Wortham di 410 Boucke Building University Park.

Dr. Ayi Ahadiat mengatakan, kunjungan tim Unila ke universitas ranking 96 di dunia tersebut merupakan langkah besar bagi Unila untuk menjadi universitas global (World Class University). Agenda kunjungan antara lain melakukan tukar informasi kelembagaan, kerja sama bidang pendidikan dan penelitian.

Selain melakukan pertemuan, rombongan Unila melakukan tur kampus dan makan siang bersama dengan jajaran pimpinan Penn State Global.

Sebagai langkah tindak lanjut, Rektor Unila Prof. Karomani berharap, semua jajaran lembaga, sekolah pascasarjana, fakultas, hingga program studi bergerak dengan rencana dan implementasi yang sinergik mendukung kerja sama dalam rangka internasionalisasi Unila sebagai World Class University.

Penn State University merupakan salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat yang telah membuka tangan untuk bisa bekerja sama dengan Universitas Lampung.

“Intinya, kita akan mengembangkan berbagai riset, pertukaran mahasiswa, pertukaran profesor, publikasi, penelitian, pengembangan teknologi inovasi yang berbasis pada sumber daya seperti SDGs, serta potensi pengembangan yang membuat manfaat lebih besar bagi perkembangan pembangunan baik di Lampung, Indonesia, maupun di Pennsylvania, Amerika,” papar Dr. Ayi ketika diwawancarai melalui sambungan telepon.

BACA JUGA:  Telkomsel Akan Lakukan Upgrading Layanan Jaringan 3G ke 4G/LTE di Lampung

“Kunjungan ini disambut baik dan akan ditindaklanjuti dengan implementasi kegiatan dulu sebagai awalan, setelah terbangun implementasi yang baik baru nanti meningkat ke MoU,” ujar Dr. Ayi.

Sementara Wakil Rektor Bidang PKTIK Prof. Suharso juga menekankan, penjajakan kerja sama dengan Pennsylvania State University terkait dengan beberapa hal. Antara lain matching fund di bidang agriculture meliputi pegembangan palm oil dari sawit, karet, dan cassava. Selanjutnya IISMA program, Students and Professors Exchange, serta beasiswa, dan SDGs.***

Komentar

News Feed