Dies Natalis 57 Unila Resmi Dibuka, Unila Siap Go Internasional

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., didampingi para wakil rektor secara simbolis melepaskan balon ke udara sebagai tanda pembukaan Dies Natalis ke-57 Unila, di lapangan belakang Rektorat, Jumat, 5 Agustus 2022.

Pelepasan balon juga menjadi penanda resmi dimulainya rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-57 Unila, bertajuk Bersinergi dan Berinovasi demi Negeri untuk Mencapai Prestasi Tinggi Menuju Internasionalisasi, yang puncaknya akan berlangsung 23 September 2022.

Prof. Karomani dalam sambutannya mengatakan, Unila saat ini diibaratkan sebagai seorang balita ajaib. Di usianya yang masih terbilang muda yakni 57 tahun, Unila dengan cepat bertransformasi menjadi perguruan tinggi papan atas dan siap menuju internasionalisasi.

Hal ini tidak terlepas dari segudang prestasi gemilang seperti peringkat 9 se-Indonesia pada pemeringkatan Kemendikbudristek, peringkat 10 se-Indonesia pada pemeringkatan global Webometrics, beberapa rekor MURI, Ketua Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa, pembangunan RSPTN dan Masjid Al Wasii, perluasan jangkauan TV Unila, hingga terobosan Unila menjadi PTNBH.

Bahkan prestasi yang diraih dua tahun belakangan, di bawah kepemimpinan Rektor Karomani, telah berhasil mewujudkan misi Unila menjadi perguruan tinggi sepuluh terbaik di Indonesia, tiga tahun lebih awal dari yang ditargetkan.

“Jadi sivitas akademika Unila harus bangga sekarang, harus bisa menegakkan kepala di tengah barisan universitas-universitas papan atas lainnya, khususnya yang ada di Pulau Jawa,” kata Prof. Karomani saat launching pembukaan Dies Natalis ke-57 Unila.

Di hadapan sivitas akademika yang hadir pada acara tersebut, Prof. Karomani mengaku bangga atas prestasi Unila yang luar biasa.

Ia berharap, momentum Dies Unila ke-57 bisa menjadi momen yang menginspirasi pemimpin lainnya dan rektor periode selanjutnya untuk berkontribusi nyata dan meninggalkan warisan yang dapat dikenang keluarga besar Unila.

BACA JUGA:  Untuk Persiapan Masuk PTN-BH Rektor Unila Minta Pemda Provinsi Lampung Segera Melepas Hak Tanah Hibah di Kota Baru

“Jika cinta Unila buktikan dengan karya nyata dan warisan apa yang bisa dikenang, tidak sekadar kata-kata,” ujarnya.

Tema Bersinergi dan Berinovasi demi Negeri untuk Mencapai Prestasi Tinggi Menuju Internasionalisasi yang diusung tahun ini menurut Ketua Pelaksana Prof. Dr. Dyah Wulan Sumekar RW, SKM, M.Kes., sangat selaras dengan prestasi yang dicapai Unila beberapa tahun belakangan.

Tak hanya itu, tema tersebut dinilai sangat sesuai dengan upaya-upaya kerja sama luar negeri yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan Universitas Lampung.

Rangkaian acara Dies Natalis akan mencakup sepuluh seminar internasional, delapan seminar nasional, lima kuliah tamu, pameran produk penelitian dan pengabdian, expo perpustakaan, launching titik baca, dua kegiatan pengabdian masyarakat, lomba-lomba tingkat SMA, mahasiswa Unila antarfakultas, darma wanita, dan temu alumni akbar.

Dalam kesempatan tersebut Dekan Fakultas Kedokteran ini mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari berbagai pihak, khususnya panitia yang telah memberi dukungan dalam menyelenggarakan Dies Natalis ke-57 Unila.***