Profil Romo Aloysius Mujiantono

ALTUMNEWS.Com, PRINGSEWU — Romo Aloysius Mujiantono lahir di Gisting, 02 Februari 1967. Dia menempuh pendidikan di SD Xaverius Gisting dan SMP Xaverius Gisting, Tanggamus.

Kemudian Romo Muji melanjutkan ke Seminari Menengah St. Paulus Palembang. Dia lantas melamar ke Keuskupan Tanjungkarang untuk menjadi Imam Diosesan. Pada tahun 1989 ia menjalani masa Tahun Orientasi Rohani di Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Tahbisan Diakoniatnya dilaksanakan pada 27 Juni 1999 di Paroki Keluarga Kudus Sidomulyo, Lampung Selatan. 22 Juli 1999 Diakon Aloysius Mujiantono bertugas di Paroki St. Yohanes Rasul Kedaton.

Diakon Aloysius Mujiantono kemudian menerima Rahmat Sakramen Tahbisan Imamat pada 12 Januari 2000 di GSW Way Halim Bandarlampung melalui Mgr. Andreas Henrisoesanta.

Tugas sebagai imam baru masih dilanjutkan di Unit Pastoral St. Thomas Rasul Sribhawono. Setelah itu Romo Aloysius Mujiantono mendapatkan tugas pelayanan baru sebagai Pastor Pembantu di Paroki Kristus Raja Katedral Tanjungkarang dan sekaligus tugas mengajar di SMA Xaverius Bandarlampung per 15 Agustus 2004.

Mulai tanggal 1 Mei 2007 mendapat tugas perutusan baru di Paroki Keluarga Kudus Baradatu sebagai Pastor Pembantu. Dan pada 2 Agustus 2012 Romo Aloysius Mujiantono diangkat menjadi Pastor Kepala Paroki Keluarga Kudus Baradatu oleh Mgr. Aloysius Sudarso yang saat itu menjabat sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Tanjungkarang.

Pada tanggal 15 April 2014, Uskup Yohanes Harun Yuwono sebagai Uskup Tanjungkarang menugaskan Romo Aloysius Mujiantono sebagai Pastor Rekan di Paroki St. Yusup Pringsewu.

Pada 11 Agustus 2016, Romo Aloysius Mujiantono mendapat tugas tambahan menjadi Pemimpin Komunitas “Wisma Unio” Padangbulan dan tinggal di sana, atau yang sekarang disebut sebagai Rumah Emiritus.

Pada tanggal 25 Maret 2021, Romo Aloysius Mujiantono ditarik kembali untuk berkomunitas di Pastoran Paroki St. Yusup Pringsewu.

BACA JUGA:  Daftar Titik Penyekatan Mudik Lebaran di Lampung

Pada Jumat, 8 Desember 2023 sekitar 07.42 WIB Romo Aloysius Mujiantono menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mitra Husada Pringsewu.

Selamat jalan Romo Muji, jadilah pendoa untuk kami yang sedang berziarah di dunia yang fana ini.***

Sumber : Komsos Keuskupan Tanjungkarang