KKPPMP Keuskupan Tanjungkarang dan PMK Reborn Gelar Aksi Sebar Ratusan Biji Buah-buahan Lokal di Gunung Pesagi

ALTUMNEWS.Com, LAMPUNG BARAT — Komisi Keadilan, Perdamaian, dan Pastoral Migran Perantau (KKPPMP) Keuskupan Tanjungkarang Bidang Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan Pekerja Muda Katolik (PMK) Reborn sebarkan bibit buah-buahan lokal di Puncak Gunung Pesagi, Lampung Barat. Jenis biji buah-buahan lokal yang disebar antara sawo, srikaya, jambu jamaika dan asem.

Ketua KKPPMP Keuskupan Tanjungkarang Yuli Nugrahani mengatakan ratusan biji buah lokal yang disebar didapati dari ‘bank biji’ yang dikumpulkan anggota komisinya.

“Sering kali kita makan buah, buah lokal khususnya, ada biji-biji, kayak misalnya sawo, srikaya, kemudian jambu, atau asem. Nah kalau kita makan buah-buahan bijinya dikumpulin, kemudian kita sebarkan ke berbagai tempat yang memungkinkan,” kata Yuli saat aksi sebar biji tanaman persis di puncak Gunung Pesagi, Minggu 19 Mei 2024.

Menurut Yuli dengan mengumpulkan biji-bijian dan menyebarkannya di tempat yang dapat membuat hidup dan tumbuh, hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian untuk menghijaukan alam.

“Itu sudah menjadi salah satu bagian keterlibatan kita untuk menghijaukan kembali bumi kita dan juga melestarikan jenis-jenis buah yang langka atau sulit ditemui di pasar, karena memang dia buah-buah lokal yang semakin tersingkirkan,” kata Yuli.

“Mari kita kumpulkan dan kemudian kita sebarkan. Saat ini kita di Puncak Gunung Pesagi di daerah Lampung Barat,” ucapnya seraya menanam biji-bijian buah di sekitar puncak Gunung Pesagi 2.262 mdpl.

Menurut Yuli, KKPPMP Keuskupan Tanjungkarang bersama PMK Rebor telah menyebarkan biji varietas jambu air jamaika di sepanjang jalur pendakian Puncak Gunung Pesagi melalui Pekon Bahway, Kecamatan Balik Bukit.***

BACA JUGA:  PGN Dapat Tambahan Pasokan Gas Bumi dari Jambi Merang