Karang Lansia “Amanah Bunda” Pringsewu Wisata ke Pantai Sari Ringgung

0
146
Lansia yang tergabung dalam Karang Lansia "Amanah Bunda" Kabupaten Pringsewu berwisata di Pantai Sari Ringgung, Pesawaran, Minggu, 29 Juni 2019.

ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG — Sebanyak 60 Orang Lansia yang tergabung dalam Karang Lansia “Amanah Bunda” Kabupaten Pringsewu berwisata di Pantai Sari Ringgung, Pesawaran, Minggu, 29 Juni 2019. Rekreasi para lansia ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Amanah Bunda. Sebelum acara “jebur laut” dilaksanakan senam bersama juga permainan anak-anak tradisional jaman dulu.

“Dengan rekreasi ini diharapkan para lansia melepaskan sejenak pekerjaan rutinnya, sehingga para lansia ceria dan sehat walafiat, dengan permainan tradisional jaman dulu, para lansia terhibur dan secara langsung merupakan terapi kepikunan,” kata Hj. Kartinah selaku pembina Karang Lansia sekaligus pengurus LKS Amanah Bunda.

Pembinaan lansia menurutnya pada hakekatnya bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan sosial dimasa tua. “Tua berguna dan berkualitas,” tegasnya.

Dikatakanya upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi lanjut usia pada hakekatnya merupakan perwujudan dari budaya kita yakni “Mikul Duwur, Mendem Jero” yang artinya melaksanakan dan melestarikan nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh para tetua dan melupakan ajaran yang kurang baik dan tidak selaras dengan norma-norma masyarakat.

Di ruang kerjanya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni mengatakan bahwa Karang Lansia yang aktif di Provinsi Lampung baru 5 tempat. “Sedang LKS yang ngurusi lansia sebanyak 33 LKS,” ungkapnya.

Pemerintah Provinsi Lampung menurut Sumarju, sangat konsen terhadap pelayanan lansia yang tercermin pada beberapa program kegiatan home care, day care, asuransi lansia, rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni milik lansia, dan penguatan ekonomi produktif untuk keluarga lansia,” kata Sumarju.

Sumarju mengharapkan kegiatan rutin Karang Lansia ini dapat terus dilakukan dan dilestarikan. Kegiatan tersebut juga sebagai sarana temu kangen, olahraga, kesenian, pemeriksaan kesehatan gratis, hiburan, juga pengajian untuk mempertebal iman kepada Allah SWT.

BACA JUGA:  Berikut Nama-Nama Peserta yang Lolos Audisi Pesparani II tingkat Provinsi Lampung di Paroki St. Yohanes Rasul Kedaton

Karang Lansia

Karang Lansia atau Karang Werda keberadaannya untuk menuju lansia yang sejahtera dan sehat sangatlah strategis. Karang Lansia merupakan  perkumpulan atau ikatan orang-orang lansia yang memiliki tujuan yang sama dan kegiatan yang sama didalamnya. Kegiatan Karang Lansia dapat berupa posyandu lansia, senam sehat lansia, jantung sehat. Disamping itu juga bimbingan kerohanian dan informasi kesehatan.***

Editor : Robert

Facebook Comments