oleh

KKPPMP Keuskupan Tanjungkarang Salurkan Ribuan Masker ke Lembaga Pemasyarakatan

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Dalam rangkaian aksi sejuta masker untuk Lampung, Komisi Keadilan Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau (KKPPMP) Keuskupan Tanjungkarang mengirimkan ribuan masker untuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Provinsi Lampung. Penyaluran ini melibatkan seluruh mitra jaringan.

Tahap pertama dilakukan untuk para narapidana di Lapas Narkoba, Lapas Perempuan dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Way Hui. Total masker yang dikirim pada Selasa (21/04/2020) sebanyak 2.210 masker.

“Para napi mestinya mendapatkan minimal 2 masker sehingga bisa dicuci dan dipakai ulang. Tapi keterbatasan barang terpaksa 1 napi hanya mendapat 1 masker,” jelas Ch Dwi Yuli Nugrahani, Ketua KKPPMP Keuskupan Tanjungkarang, Selasa (21/04/2020).

Menurut Yuli, untuk Lapas lain dan juga komunitas rentan yang membutuhkan, masker-masker sedang diusahakan oleh para relawan jahit dan orang-orang yang peduli. “Hingga saat ini jumlah masker yang sudah dibagi dalam gerakan ini sejumlah 19.567 masker,” jelas Yuli.

Yuli berharap pembagian masker gratis ini dibarengi dengan kesadaran masyarakat kalangan mana pun untuk tertib menggunakannya saat bertemu dengan siapa pun atau terpaksa berada dalam aktifitas sosial yang tak terelakkan.

“Masker adalah pelindung yang pertama dalam menghadapi covid-19, selain pola hidup sehat dan bersih. Kebutuhan akan masker masih tinggi maka mari bersama-sama ambil keterlibatan sebagai relawan, menjahit masker untuk diri sendiri dan orang lain,” imbuhnya.

Selain Yuli, penyaluran masker didampingi juga oleh Koordinator Pemerhati Lapas Keuskupan Tanjungkarang, L. Wardoyo. “Semoga ini jadi sarana nenjaga kesehatan warga binaan,” harapnya.***

Editor : Robert

Komentar