oleh

Infosos Desak Polda Lampung Tindaklanjuti Dugaan Ijazah Palsu Calon Walikota Bandarlampung

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Pertanyakan perkembangan laporan terhadap Eva Dwiana terkait dugaan ijazah palsu, organisasi Informasi Sosial Indonesia (Infosos) Provinsi Lampung datangi Mapolda Lampung, Selasa (2/02/2021).

Ketua DPW LSM Infosos Provinsi Lampung Ichwan mengatakan, kedatangannya ke Polda Lampung bertujuan untuk mempertanyakan laporan pihaknya yang dilayangkan pada 4 Januari 2021 lalu.

“Kami ke sini didampingi penasehat hukum untuk mempertanyakan proses penanganan laporan kita tentang indikasi dugaan ijasah palsu yang diduga dilakukan calon walikota nomor 3 Eva Dwiana,” ujar Ichwan.

Ichwan menuturkan, informasi yang diperoleh dari penyidik, proses laporan sudah memasuki tahap penyelidikan dengan melakukan pemeriksaan terhadap Bawaslu dan KPU kota Bandarlampung.

Ichwan melanjutkan, pihaknya melaporkan Eva Dwiana lantaran hal ini menyangkut seorang calon walikota yang akan menjadi panutan.

“Karena ini menyangkut seorang calon walikota, kita berharap sebagai panutan seyogyanya memiliki integritas pendidikan yang jelas. Alangkah disayangkan kalau seorang walikota mempunyai legalitas pendidikan yang diduga palsu,” tuturnya.

Untuk itu, kata Ichwan, pihaknya akan terus mengawal perkembangan proses laporan yang telah dilayangkan oleh Infosos. Menurut Ichwan, selain Bawaslu dan KPU, pada Jumat (5-2) mendatang penyidik juga akan meminta keterangan padanya selaku pelapor.

“Nanti setelah meminta keterangan saya, mereka akan berangkat ke Jakarta untuk meminta keterangan pada Dikti,” sebutnya.

Saat disinggung terkait informasi penyidik telah melayangkan surat panggilan untuk Eva Dwiana pada Selasa (26-1) lalu, Ichwan mengaku tidak tahu.

“Kalo panggilan itu saya kurang tau. Menurut penyidik baru KPU dan Bawaslu,” ucapnya. Sementara saat dikonfirmasi terkait perkembangan laporan, Direktur Reserse Kriminalisasi Umum (Dirreskrimum) Polda Lampung Kombes Pol Muslimin Ahmad mengatakan akan melakukan pengecekan. “Saya cek dulu ya mbak,” singkatnya.***

BACA JUGA:  Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19 Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Gelar Pasar Murah

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed