oleh

Memperingati Isra Miraj Menjadi Umat Islam yang Tolerans

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung terpilih, Dr. Muhammad Bahruddin, M.Ag menyebut peringatan Isra Miraj mengingatkan umat Islam untuk bersikap toleransi dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Perjalanan Isra Miraj yang dilakukan Nabi Muhammad SAW merupakan pengalaman spritual untuk meningkatkan derajat menjadi insan kamil.

“Peristiwa Isra Miraj merupakan prosesi relaksasi spiritual, guna meningkatkan derajat Muhammad SAW menjadi “insan kamil”, insan paripurna, insan yang konsisten menghambakan diri hanya kepada Allah, Tuhan YME. Simbolisasinya adalah melalui ritual salat 5 kali sehari semalam,” ujar Muhammad Bahruddin dalam perbincangan dengan Altumnews.com di Bandarlampung pada Kamis (11/03/2021).

Menurut Muhammad Bahruddin dalam hadis nabi dipertegas, bahwa salah satu indikator insan kamil, umat terbaik di mata Allah, adalah orang yang paling banyak memberikan kontribusi positif terhadap sesama. “Anfa’ukum linnas, bahasa hadisnya,” tegasnya.

Dalam konteks kerukunan umat beragama, Ketua FKUB Provinsi Lampung terpilih ini berharap, peringatan Isra Miraj mampu mengingatkan kepada umat Islam dan kita semua, untuk bersikap tolerans dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara.

“Tetap menjaga kemurnian akidah, tapi pada saat yang sama, memahami dan menghormati, bahwa di sekitar kita juga terdapat penganut agama dan kepercayaan yang berbeda. Karenanya, hidup rukun dan damai dalam masyarakat yang plural merupakan sebuah keniscayaan,” ungkapnya.

“Inilah aplikasi dan manifestasi “insan kamil” pada masyaratat plural nan modern, seperti masyarakat Lampung yang kita cintai,” pungkas Muhammad Bahruddin.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed