oleh

BPJS Kesehatan Menjawab Kemudahan Pelayanan di Era Digital

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat program Jaminan Kesehatan dan prosedur memperoleh pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Dewan Pengurus Korpri Nasional dan Provinsi Lampung menggelar kegiatan bersama anggota Korpri di Bandar Lampung. Kegiatan pemberian informasi tersebut dikemas dalam bentuk Sarasehan secara OMNI (onlinedan offline), pada Kamis (09/12).

Kegiatan sarasehan ini dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus KORPRI Nasional dalam hal ini diwakili oleh KetuaDepartemen Penelitian dan Pengembangan, Dewan Pengurus KORPRI Nasional, Ketua Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Lampung yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra. Selain itu Sekretaris Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Usaha dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Lampung, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Lampung. Hadir pula Brand Ambassador BPJS Kesehatan, Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan. Selain itu Deputi Direksi Bidang Kepesertaan BPJS Kesehatan, Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung BPJS Kesehatan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung, Metro dan Kota Bumi, serta Dewan Pengurus KORPRI Nasional dan Provinsi Lampung.

Direktur Perluasan dan PelayananPeserta BPJS Kesehatan David Bangun dalam sambutannya mengatakan melalui kegiatan Supervisi dan Sarasehan, diharapkan dapat melihat kondisi dan fakta di lapangan sekaligus menggali permasalahan yang terjadi serta memberikan alternatif solusi untuk perbaikan layanan kepada Peserta JKN-KIS khususnya bagi anggota KORPRI beserta keluarganya.

Penyampaian sosialisasi program dan kebijakan terbaru diharapkan akan menambah pengetahuan dan meningkatkan pemahaman peserta terkait manfaat program JKN-KIS. Sehingga peserta mengetahui dan memahami hak dan kewajiban serta prosedur memperoleh pelayanan Kesehatan.

BACA JUGA:  Telkomsel The NextDev 2021 Perkuat Potensi Startup Digital dalam Menciptakan Perubahan Berdampak

“KORPRI merupakan peserta yang telah menjadi mitra baik BPJS Kesehatan, serta peserta yang harus kita edukasi dan update terkait dengan kebijakan-kebijakan program JKN-KIS, progres pelaksanaan program serta edukasi pola hidup sehat kepada peserta JKN-KIS dari segmen KORPRI. Harapan kita, dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman terkait hak dan kewajiban peserta, informasi manfaat, prosedur dalam mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan, menyampaikan informasi terkait inovasi BPJS Kesehatan yang bertujuan memberikan kemudahan pelayanan bagi peserta,” tutur David.

David juga menyampaikan sejak 1 Januari 2014 BPJS Kesehatan telah menyelenggarakan program JKN-KIS, dengan berbagai tantangan yang dihadapi dalam melayani peserta, sehingga perlu dilakukan pembinaan dan perbaikan pelaksanaan program setiap saat. Upaya peningkatan layanan tidak hanya dengan cara peningkatan kuantitas kanal layanan dengan peningkatan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama namun peningkatan kualitas menjadi komitmen utama BPJS Kesehatan seiring dengan tuntutan masyarakat atas layanan di era digital saat ini.

“Hal ini mendorong BPJS Kesehatan terus berinovasi dengan melakukan pengembangan aplikasi serta memperluas pilihan kanal layanan. Sebagai bentuk simplifikasi, kami menyampaikan berbagai program dan kebijakan yang pada awal September lalu telah kami launching sebagai komitmen BPJS Kesehatan untuk senantiasa memberikan layanan terbaik. Pertama, Perubahan nomor layanan Care Center BPJS Kesehatan yang semula 1500 400 menjadi 165, yang diharapkan dapat mempermudah peserta untuk mengakses layanan, dengan masa transisi hingga 31 Desember 2021,” ungkap David.

Kedua, simplifikasi rujukan pelayanan thalasemia mayor dan hemofilia yang membutuhkan pelayanan rutin di Rumah Sakit, dengan kemudahan melalui perpanjangan masa berlaku rujukan. Ketiga, BPJS Kesehatan meluncurkan Jurnal JKN yang merupakan bukti keterbukaan BPJS Kesehatan terhadap hasil penelitian, gagasan konseptual, telaah ilmiah serta masukan yang dapat diakses melalui web portal Jurnal JKN.

BACA JUGA:  Pastikan Kesiapan Jalan Tol, Gubernur Ridho, Wagub Bachtiar dan Kapolda Konvoi di Ruas Tol Bakauheni

Ketua Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Lampungyang diwakili oleh Asisten I BidangPemerintahan dan Kesejahteraan RakyatQudratul Ikhwan yang membuka secara resmi kegiatan sarasehan mengatakan bahwa ajang sosialisasi ini menjadi satu kegiatan bersifat strategis, dimaksudkan sebagai wujud kepedulian BPJS Kesehatan dan Pengurus Korpri Memastikan seluruh anggota KORPRI beserta seluruh anggota keluarga terdaftar dalam program JKN-KIS serta melakukan validasi data secara berkala jika terjadi perubahan baik golongan,kepangkatan, data diri, susunan anggota keluarga serta data data lainnya.

“Dengan jumlah anggota organisasi yang sangat besar, tentunya melalui kegiatan ini kami juga berharap Bapak/Ibu Anggota KORPRI dapat menyampaikan kembali informasi yang diterima kepada rekan sejawat yang belum berkesempatan menghadiri acara ini, agar tercipta pemahaman yang sama terkait penyelenggaraan Program JKN-KIS, khususnya bagi seluruh Anggota KORPRI,” ungkapnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed