oleh

Rektor Unila Hadiri Pengukuhan Pengurus Afiliasi BIPA

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., menghadiri Pengukuhan Pengurus Afiliasi Pengajar dan Pegiat BIPA (APPBIPA) Cabang Lampung Periode 2022-2026 secara virtual, Rabu, 27 April 2022.

Karomani mengaku bangga dapat menjadi bagian dari APPBIPA yang hingga kini terus mendukung upaya pemerintah dalam menginternasionalkan Bahasa Indonesia, sehingga Bahasa Indonesia layak menjadi bahasa internasional dari segi sejarah, hukum, dan linguistik.

Sebagai pengajar dan pegiat pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Karomani juga menyadari minat pembelajar BIPA semakin meningkat setiap tahunnya. Bahasa Indonesia semakin menarik untuk dipelajari para penutur asing. Tercatat, Bahasa Indonesia sudah dipelajari di 47 negara, tentu menjadi kebanggaan tersendiri.

“Alhamdulillah, akhirnya Provinsi Lampung memiliki organisasi Afiliasi Pengajar dan Pegiat BIPA. Dengan demikian, ke depan Provinsi Lampung secara resmi dapat mengelola pembelajaran BIPA bersama dari APPBIPA Pusat, serta bersinergi dengan seluruh cabang APPBIPA, baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar guru besar alumni IKIP Bandung Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.

Lebih lanjut, ia berharap dengan aktifnya organisasi APPBIPA, baik di dalam maupun di luar negeri dapat memotivasi para pengajar dan pegiat untuk terus meningkatkan kompetensi pedagogiknya sehingga menghasilkan lulusan BIPA yang berkualitas dan siap menjadi duta bahasa di negaranya masing-masing.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum APPBIPA Pusat Dr. Liliana Muliatutik, M.Pd., menerangkan pembelajaran BIPA juga telah diselenggarakan 428 lembaga, baik yang difasilitasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, maupun yang diselenggarakan secara mandiri oleh pegiat BIPA, pemerintah, dan lembaga/instansi di seluruh dunia.

Selain itu, Bahasa Indonesia diajarkan sebagai mata kuliah di sejumlah kampus kelas dunia di Eropa, Amerika Serikat, dan Australia, serta di beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia.

BACA JUGA:  Rektor Karomani: Perjalanan Tim Unila di Negeri Paman Sam

Pada kesempatan itu, turut hadir Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa Dr. Iwa Lukmana, M.A., Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Dr. Eva Krisna, dan para calon pengurus APPBIPA Cabang Lampung, serta para undangan.***

Komentar

News Feed