oleh

Unila-Pemkab Lampung Tengah Tanda Tangani Kerjasama Program Studi di Luar Kampus Utama

ALTUMNEWS.Com, LAMPUNG TENGAH — Universitas Lampung (Unila) dan Pemerintah Lampung Tengah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), Senin, 30 Mei 2022.

Penandatanganan PKS dilakukan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan TIK Unila Prof. Ir. Suharso, Ph.D. dengan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Adi Sriyono di hadapan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad di Nuwo Balak, Lampung Tengah.

Dalam sambutan pembuka, Prof. Suharso mengatakan, diperlukan subsidi besar untuk menggerakkan sebuah fakultas agar berjalan secara maksimal. Pemerintah pusat dalam hal ini bersama-sama dengan Universitas Lampung telah melakukan beberapa strategi untuk merealisasikan PSDKU di Kabupaten Lampung Tengah.

Lebih lanjut, berdasarkan analisis yang telah dilakukan, Suharso menyatakan, operasional pelaksanaan pendidikan di sebuah fakultas terkadang besarnya tidak sebanding dengan penghasilan UKT yang diperoleh dari mahasiswa.

Apalagi dengan kebijakan pemerintah pusat yang menetapkan UKT secara seragam, membuat perbedaan nilai UKT bagi fakultas yang berbasis eksakta seperti FMIPA, pertanian, kedokteran, dan teknik.

“Dengan kebutuhan yang besar itu, maka Unila berupaya mencari strategi untuk mewujudkan dan merealisasikan rencana PSDKU di kampus Lampung Tengah,” ujarnya.

Suharso menguraikan, operasional PSDKU meliputi mobilisasi dosen, fasilitas pendidikan, dan administrasi yang diprediksi menjadi tantangan dalam pelaksanaannya.

Suharso juga menambahkan, Unila siap berkolaborasi membangun Lampung Tengah melalui mahasiswa KKN yang berkiprah memperkuat pemerintahan dalam mewujudkan program desa wisata dan desa digital di Lampung Tengah.

Menanggapi hal itu, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya atas jerih payah serta dukungan yang selama ini diberikan Unila kepada Pemkab Lampung Tengah sehingga rencana mewujudkan PSDKU di Lampung Tengah dapat terealisasi.

BACA JUGA:  Unila Raih Penghargaan Kategori: Satker Besar dalam Kecepatan dan Keakuratan Penyampaian SPM Gaji Induk TA 2022

Musa Ahmad di berbagai kesempatan menyampaikan kepada masyarakat bahwa pemerintah Kabupaten Lampung Tengah bekerja sama dengan Universitas Lampung akan memberikan yang terbaik untuk kemajuan masyarakat Lampung Tengah.

Ini adalah momen terbaik untuk menyiapkan bekal bagi generasi muda melalui keberadaan Unila di Lampung Tengah. Hal ini akan sangat membantu masyarakat agar tidak terlalu jauh menuntut ilmu di Kota Bandarlampung.

Lebih lanjut, Musa menyampaikan, selain proses pendirian kampus Unila di Lampung Tengah, terdapat potensi yang masih perlu dioptimalkan Unila. Secara teknis, dalam pelaksanaannya, apa yang dilakukan Unila akan dilaksanakan juga oleh bagian yang membidangi hal ini guna menindaklanjuti realisasi kerja sama antarkedua pihak.

“Semoga apa yang diinginkan, diharapkan, dan diimpikan kita bersama bisa terwujud dengan baik,” ujarnya.

Adapun rombongan yang hadir dari Universitas Lampung antara lain Ketua KKN Muhammad Basri, M.Pd., Kepala UPT PKLI Dr. Ayi Ahadiat, M.B.A., Koordinator Informasi dan Humas Suratno, S.Pd., M.H., dan Kadiv Kerja Sama PKLI Indra Jaya Wiranata.***

Komentar

News Feed