oleh

Wagub Chusnunia Jadi Irup Upacara HUT BPKP Ke-39, Kontribusi BPKB dalam Penghematan dan Penyelamatan Keuangan Negara Sangat Besar

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG —– Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), di Lapangan Upacara BPKP Lampung, Bandar Lampung, Senin (30/5/2022).

Dalam sambutan kepala BPKP yang dibacakan Wagub Chusnunia, diungkapkan bahwa kontribusi BPKP dalam
penghematan pengeluaran keuangan negara, penyelamatan keuangan negara, serta optimalisasi keuangan negara sangat besar.

Pada tahun 2020 dan 2021, BPKP berhasil berkontribusi pada keuangan negara sebesar Rp 61,60 triliun dan Rp 54,32 triliun melalui penghematan pengeluaran keuangan negara, penyelamatan keuangan negara, serta optimalisasi keuangan negara. Sampai dengan triwulan I tahun 2022, BPKP telah berkontribusi ke keuangan negara sebesar Rp23,78 triliun.

Selain itu, sepanjang 2022 BPKP terus mengawal berbagai isu strategis pemerintah, seperti Mengawal perbaikan tata niaga pemenuhan kebutuhan batubara di dalam negeri; bekerja keras dalam mengawal perbaikan akuntabilitas dan tata kelola upaya gasifikasi batubara.

BPKP juga konsisten dilibatkan untuk mengawal isu-isu strategis lainnya yang dihadapi pemerintah, seperti berhasil mendorong perbaikan tata niaga minyak goreng, mengawal implementasi aksi afirmasi produk dalam negeri dalam belanja pemerintah.

“Pelaksanaan pengawasan yang baru saja saya sebutkan dilaksanakan dengan sinergi dan kerja sama berbagai kedeputian. Harapan saya untuk menghadirkan BPKP sebagai satu Tim Besar, padu dan utuh, mulai terlihat. Saya berterima kasih kepada segenap insan BPKP yang berani mewujudkan harapan tersebut,” ujar Wagub Chusnunia.

Wagub mengucapkan selamat ulang tahun BPKP yang ke-39 kepada segenap keluarga besar BPKP.

“Kepada segenap insan BPKP di seluruh Indonesia, saya ucapkan selamat merayakan ulang tahun BPKP yang ke-39,” ujar Wagub Chusnunia.

Tiga puluh sembilan tahun bukanlah usia yang singkat. Wagub bangga karena seiring bertambahnya usia organisasi, kita terus melangkah untuk mengukuhkan kebermanfaatan atas kehadiran sebagai auditor intern Presiden.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Dampingi Tiga Menteri Tinjau Pelabuhan Panjang dan Bakauheni, Cek Kesiapan Arus Balik

“Memang tidak mudah, namun kesungguhan dan kerja keras Bapak dan Ibu semua dalam mengawal akuntabilitas keuangan negara/daerah serta pembangunan nasional telah memberikan manfaat bagi bangsa dan negara kita tercinta,” ujarnya.

Wagub Chusnunia menyampaikan bahwa telah banyak area strategis nasional yang berhasil dan terus kita kawal akuntabilitasnya. Kehadiran BPKP senantiasa diminta oleh stakeholders utama, karena manfaat yang diberikan BPKP betul-betul dapat dirasakan.

Pada HUT tahun ini, Kepala BPKP melalui Wagub Chusnunia menyampaikan beberapa pesan.

“Pertama, jaga terus kepercayaan pemangku kepentingan. Bukan hanya dari sisi kualitas, namun juga integritas,” katanya.

Kedua, lanjutkan transformasi pengawasan yang telah kita rintis selama kurun dua tahun terakhir agar hasil pengawasan terus meningkat kualitasnya. Kita harus berani berubah ke arah yang lebih baik.

Ketiga, terus jaga sinergitas dan kerja sama antar unit kerja.

Keempat, bangun budaya organisasi yang baik. Kita harus dapat menciptakan budaya organisasi yang kuat dan positif, yang mampu mendorong kita untuk meningkatkan etos kerja dan mendorong kesadaran diri.***

Komentar

News Feed