Sambut Libur Natal dan Tahun Baru, Tagana Lampung Gelar Apel Siaga

0
168
Panglima Tagana Lampung, Sumarju Saeni saat mengecek "kendaraan tempur" milik Tagana Lampung, saat apel di halaman Dinas Sosial Provinsi Lampung, Kamis, 19 Desember 2019.

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG –  Untuk antisipasi bencana selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), personel Taruna Siaga Bencana  (Tagana) Lampung ikut disiagakan. Hal ini terlihat saat apel Siaga Tagana Lampung Khusus Natal 2019 dan tahun baru 2020 di kantor Dinas Sosial Provinsi Lampung, Kamis, 19 Desember 2019.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung berjuluk “Panglima Tagana Lampung”, Sumarju Saeni mengatakan seluruh personel akan dipusatkan di satu Posko di Way Halim, Bandarlampung. Apel ini menurunya, merupakan bagian dari peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Panglima Tagana Lampung” Sumarju Saeni, memastikan seluruh personil dan peralatan yang dimiliki dalam keadan baik dan “siap tempur”.

“Yang pertama kita siapsiagakan personel, sudah di cek tadi, Alhamdulillah sehat-sehat semua, tuh makannya pada banyak-banyak,” ujar Sumarju, seraya bersenda gurau dengan pasukannya.

Sumarju menambahkan, selain personel, dicek juga peralatan diantaranya; mobil rescue, motor roda tiga, dapur umum, serta mobil pengangkut perlengkapan.

“Kemudian logistik juga disiapkan, apakah sudah mencukupi, jika kurang maka akan segera mengusulkan tambahan logistik ke Kemensos RI,” tambahnya.

Menurut Kadisos Lampung ini, Posko Siaga Tagana akan mulai dibuka pada tanggal 23 Desember 2019. “Dalam pendirian Posko Nataru, Tagana berkolaborasi juga dengan sahabat-sahabat Tagana, antara lain; pramuka, pecinta alam, dan vertical rescue.

Sumarju menegaskan, tujuan didirikannya posko Tagana ini, untuk membantu masyarakat yang tengah merayakan Natal dan Tahun Baru. “Ini untuk saudara-saudari kita yang menikmati liburan, jika ada yang bertanya alamat, atau kehausan, kelelahan sekedar beristirahat sejenak, dan di Posko sudah disiapkan makanan, minuman, juga tidak lupa disediakan KOROLA atau kopi robusta Lampung! gratis!,” tegasnya.

Panglima Tagana Lampung ini mengimbau kepada masyarakat yang merayakan liburan untuk tetap waspda, karena bencana suatu saat bsia tejadi, apalgi memasuki musim penghujan ini.

BACA JUGA:  Warga Pulau Sebesi Tolak Penambangan Pasir di Sekitar Anak Gunung Krakatau

“Kemudian jangan keluar rumah berbondong-bondong, yang menimbulkan jalanan macet, lalu waspada juga yang libur di pinggir laut, bagi yang berlibur menggunakan kendaraan sepeda motor, gunakanlah helm standar, dan yang penting utamakan keselamatan,” pungkasnya.***

Editor : Robert

Facebook Comments