Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Ketinggian Abu Capai 1.000 Meter

0
437
Gunung Anak Krakatau. Sumber : magma.vsi.esdm.go.id.

ALTUMNEWS.com, LAMPUNGSELATAN — Gunung Anak Krakatau kembali erupsi. Selasa (31/12/2019) pagi ini, ketinggian abu capai 1.000 meter dari atas puncak kawah gunung berapi yang ada di perairan Selat Sunda itu.

“Telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung pada tanggal 31 Desember 2019 pukul 06.51 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.000 meter di atas puncak (± 1.157 m di atas permukaan laut),” mengutip siaran pers dari magma.vsi.esdm.go.id.

Menurut keterangan pers itu, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. “Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 41 mm dan durasi ± 1 menit 33 detik. Tidak terdengar suara dentuman,” tegas siaran pers itu.

Meski sedang erupsi, status Gunung Anak Krakatau masih berada di Level II atau Waspada dan wisatawan tidak boleh mendekati gunung, untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

“Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi: masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah,” jelasnya.***

Editor : Robert

Facebook Comments
BACA JUGA:  Baksos di Pahawang Sukses, Plt. Kadisos Lampung Heryana Romdhony: Terima Kasih pada Semua Pihak yang Terlibat