Kwarda Pramuka Lampung Panen Perdana Sayuran Hidroponik

0
138

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Lampung kak Zainuri melakukan panen perdana tanaman sayuran sistem hidroponik pada Kamis siang, 6 Agustus 2020.

Kepada awak media kak Zainuri mengatakan; “Saya mengucapkan terimakasih kepada Bidang Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Abdimasgana) yang telah mempu menserasikan antara ketersediaan pangan dan pelestarian lingkungan dengan pertanian sistem hidroponik ini,” katanya.

Menurut Kak Zainuri; pertanian sistem hidroponik ini merupakan salah satu cara bertani dengan keterbatasan lahan bahkan tidak memakai media tanah.

“Di tengah-tengah pandemi Covid 19 ini sistem hidroponik sangatlah cocok diterapkan oleh keluarga dengan keterbatasan lahan dimana dianjurkan aktifitas dilakukan dari rumah.
Disamping aktifitas produktif, higienis bahkan ekonomis, selain itu juga untuk terapi menghilangkan stres,” paparnya.

Sementara itu, Waka VII Abdimasgana, Kak Sumarju Saeni saat panen perdana di Sanggar Praduli mengatakan bahwa pertanian ini dikelola oleh Dewan Kerja Daerah (DKD) Lampung. Mereka telah mengikuti pelatihan pertanian hidroponik 28-29 Juni 2020 yang lalu.

“Sebagaimana salah satu fungsi gerakan Pramuka yakni pembinaan terhadap generasi muda; maka kedepan di tempat ini juga setiap dua Minggu sekali khusunya bagi anak-anak Siaga (TK dan SD) akan kita selenggarakan gerakan ayo menanam sekaligus gerakan makan sayur dan ikan,” papar Kak Sumarju.

Kak Sumarju mengatajan gerakan ayo menanam dilatarbelakangi permasalahan bagi anak-anak adalah kurangnya gemar makan sayur dan ikan.

“Dengan gerakan ini diharapkan Pramuka telah ikut andil mempersiapkan generasi Lampung yang sehat, cerdas, berkualitas dan berbudi pekerti.”

“Dengan demikian selaras dengan Misi Gubernur Lampung yakni Provinsi Lampung yang Maju dan Sejahtera,” pungkasnya.

Untuk diketahui, setelah panen perdana acara dilanjutkan dengan masak hasil panen dan makan bersama dengan segenap personil di jajaran Kwarda Pramuka Lampung.***

BACA JUGA:  Forum Sosialisasi Pasar Digital dan Peningkatan Ekonomi Rakyat di Era 4.0, Upaya Kemkominfo Dorong UMKM untuk Go Global

Editor : Robert

Facebook Comments