oleh

Desa Harapan Jaya Dicanangkan Sebagai Pilot Project Desa Wisata Pesawaran

ALTUMNEWS.Com, PESAWARAN — Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mencanangkan Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai sebagai pilot project atau percontohan desa wisata Kabupaten Pesawaran. Acara berlangsung di Bukit Cendana, Selasa (30/3/2021). Langkah pengembangan potensi desa wisata ini sebagai salah satu cara Pemerintah Kabupaten Pesawaran memulihkan ekonomi dari sektor wisata.

Sebagaimana diketahui, Desa Harapan Jaya dikenal dengan destinasi wisata yang telah tersohor keindahannya seperti ; Bukit Cendana, Arter Sinar Tiga, Kolam Renang Tirto Langgeng, Arter Tirta dan Bukit Lantana.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan pengembangan pariwisata di pedesaan menjadi alternatif menumbuhkan ekonomi masyarakat di Pesawaran.

“Sebab, industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang relatif stabil pada masa pandemi covid-19. Dan melalui desa wisata di Pesawaran diharapkan mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat,” kata Bupati saat mencanangkan Desa Harapan Jaya sebagai pilot project desa wisata Kabupaten Pesawaran, Selasa (30/3/2021).

Orang nomor satu di Pesawaran ini berharap, pengembangan pariwisata melalui program One Village One Destination mampu menjadi solusi menambah pendapatan masyarakat dengan membangun wisata yang bernilai ekonomis.

Pada kesempatan itu, Dendi berpesan agar masyarakat Desa Harapan Jaya untuk tampil humanis dengan cara menyambut wisatawan yang berkunjung.

“Untuk desa di wilayah pegunungan secara konsep kan memang wisata berbasis komunitas yang melibatkan masyarakat desa sebagai pelaku utama,” katanya.

Bupati mengistruksikan seluruh organiasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk bersama-sama mewujudkan Desa Harapan Jaya sebagai desa wisata.

“Saya menargetkan pertengahan tahun ini, Desa Harapan Jaya bisa saya resmikan sebagai desa wisata,” pungkasnya.

Kepala Desa Harapan Jaya Susalit Cokro Aminoto berharap dengan dicanangkan desa yang dipimpinnya sebagai pilot project desa wisata Kabupaten Pesawaran kiranya menjadi spirit baru warganya.

“Semoga pariwisata di Desa Harapan Jaya semakin maju dan berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat di sini,” ucapnya.

Susalit Cokro Aminoto berharap masyarakat Desa Harapan Jaya dapat lebih terpacu dan kreatif dalam pengembangan sektor wisata sehingga destinasi wisata yang ada bisa lebih dikenal masyarakat luar.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed