SMA Xaverius Bandarlampung Tuan Rumah Roadshow Literasi Cinta

0
256
Kepala SMA Xaverius Bandarlampung F. Joko Winarno saat memberikan cinderamata kepada Ketua Gerakan Islam Cinta, Eddy Aqdhiwijaya.

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — Yayasan Islam Cinta Indonesia bersama dengan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat Universitas Islam Negeri Jakarta (PPIM UIN Jakarta) dan Gerakan Isalm Cinta (GIC) mengadakan roadshow di Bandarlampung. Mereka menggandeng serta SMA Xaverius Bandarlampung sebagai tuan rumah.

Acara ini diadakan pada 29 Oktober 2019 pukul 08.45 WIB-14.00 WIB di Wisma Santo Albertus Bandarlampung. Roadshow kali ini mengambil tema “Literasi Cinta” dengan slogan “Meyakini,menghargai!”.

Roadshow Literasi Cinta ini diikuti oleh 50 siswa dari 10 SMA di Bandar lampung, yaitu ; SMA Xaverius, SMA Taman Siswa, SMA YP Unila, SMA Immanuel, SMA Bodhisattva, SMA Al Kautsar, SMA Al Azhar, SMA IT Ar Raihan, SMA Fransiskus dan SMAN 14 Bandar Lampung.

Acara dibuka dengan tarian selamat datang yang ditampilkan oleh siswi-siswi SMA Xaverius Bandarlampung. Kepala SMA Xaverius Bandarlampung F. Joko Winarno dalam sambutannya mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan moment baik ini untuk sama-sama belajar menghargai orang lain dengan aneka perbedaan latar belakang untuk menciptakan kerukunan.

“Mari kita budayakan cinta pada sesama mulai dari lingkungan terkecil dan diharapkan akan tercipta budaya saling menghargai pada lingkup yang lebih besar!” serunya.

Menurut F. Joko Winarno, 50 siswa yang ikut dalam kegiatan ini terdiri dari siswa dengan latar belakang agama yang berbeda. Dia berharap seluruh siswa mampu berdinamika bersama para pendamping dari UIN Jakarta. “Beliau-beliau telah mempersiapkan materi acara ini dengan tujuan yang sangat mulia, yaitu Indonesia damai!” imbuhnya.

Roadshow Literasi Cinta ini bertujuan untuk menyebarkan semangat literasi berbasis cinta dan mendorong generasi muda untuk memiliki pemikiran kritis dan terbuka.

“Selain itu untuk mendukung pertemuan antar-agama dan mempromosikan visi yang terbuka, inklusif, moderat, egaliter, dan toleran di kalangan pemuda,” kata Ketua Gerakan Islam Cinta, Eddy Aqdhiwijaya.

BACA JUGA:  Wagub Bachtiar Basri Dipastikan Menonton Laga Amal Persija Vs Pra-PON Lampung di PKOR Way Halim 13 Januari 2019

Menurut Eddy, tujuan roadshow ini untuk meningkatkan kesadaran publik tentang keragaman dan ancaman ekstremisme dan radikalisme serta pentingnya merangkul dan melestarikan keanekaragaman. “Juga untuk mengumpulkan kaum muda dan mendukung mereka sebagai agen perdamaian,” tambahnya.

Uskup Keuskupan Tanjungkarang, Mgr Yohanes Harun Yuwono.

Uskup Keuskupan Tanjungkarang, Mgr Yohanes Harun Yuwono yang hadir pada kegiatan begitu mengapresiasi Roadshow Literasi Cinta ini. Bahkan dalam sambutannya, pimpinan tertinggi umat Katolik di Lampung ini menyerukan agar saling mencintai dan menghargai antar sesama.

“Kalau kita tidak saling mencintai dan menghargai, sesungguhnya kita mengkhianati Tuhan sendiri yang menghendaki kita dilahirkan dalam keluarga kita, dalam budaya kita, dan dalam keyakinan kita,” seru Mgr Yohanes Harun Yuwono.

Aisyah, siswi SMA AL Kautsar Bandarlampung menyampaikan kesannya mengikuti Roadshow Literasi Cinta. “Di sini kita benar-benar diajarkan untuk menghargai perbedaan. Semoga kedepannya acara ini dapat berjalan dengan lebih baik lagi,” kata Aisyah.

Penampilan Band SMA Xaverius Bandarlampung sukses menghibur sekaligus memperkenalkan lagu persatuan, perdamaian, dan lagu daerah Lampung.

Sebagai infomasi, para siswa diberikan penyuluhan dan pengarahan dalam memilah dan mengolah informasi yang ditemukan di berbagai sumber. Disamping itu, terdapat games ringan yang mengajak para peserta untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri satu dengan yang lainnya serta beberapa pembicara yang membagikan engalaman mereka mengenai keberagaman suku, agama, ras, dan adat-istiadat.

Penampilan Band SMA Xaverius Bandarlampung sukses menghibur sekaligus memperkenalkan lagu persatuan, perdamaian, dan lagu daerah Lampung. Terdapat pula penampilan puisi yang dibawakan oleh Alvin Justin, salah seorang siswa SMA Xaverius Bandarlampung.***

Kontributor : Chelsea Effendi X IPA 3 dan Aurelia Christie Febian X IPA 2

Editor : Robert

Facebook Comments